Bantuan UPPO Titiek Soeharto Tumbuhkan Semangat Peternak di Sleman

Editor: Koko Triarko

1.109

YOGYAKARTA – Adanya bantuan Unit Pengolahan Pupuk Organik (UPPO), mampu membuat warga Dusun Nglengis, Banyurejo, Tempel, Sleman, menjadi lebih bersemangat menggeluti usaha ternak.

Meski hanya menjadi usaha sambilan, namun adanya bantuan pada kelompok ternak Sedyo Manunggal Nglengis ini terbukti mampu meningkatkan kesejahteraan warga.

Penasihat Kelompok Sedyo Manunggal, Suparno, mengaku bersyukur mendapatkan bantuan UPPO atas rekomendasi Titiek Soeharto. Pasalnya, meski sudah berdiri sejak 1996, namun baru kali ini kelompok Sedyo Manunggal mendapat sentuhan bantuan dari pemerintah pusat.

Siti Hediati Haryadi (Titiek Soeharto) saat menyambangi Kelompok Ternak Sapi di Dusun Nglengis, Banyurejo, Tempel, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (23/2/2019) -Foto: Jatmika H Kusmargana

“Ini berkat Ibu Titiek Soeharto. Semoga bisa memberikan tambahan semangat bagi semua warga maupun peternak. Karena di sini kegiatan peternakan merupakan alternatif menunjang ekonomi warga desa,” katanya, dalam acara silaturahmi dan temu kangen sekaligus peresmian Kandang Komunal Kelompok Ternak Sedyo Manunggal, bersama Siti Hediati Hariyadi (Titiek Soehartoi di dusun setempat, Sabtu (23/2/2019).

Mendapatkan bantuan UPPO pada 2018, kelompok ternak Sedyo Manunggal menerima sejumlah bantuan senilai Rp200 juta. Terdiri dari kandang komunal, pengolahan pupuk, bantuan sapi 10 ekor serta alat transportasi.

Bantuan ini diberikan pemerintah pusat pada kelompok Ternak Sedyo Manunggal, atas rekomendasi Titiek Soeharto yang saat itu masih menjabat sebagai anggota Komisi IV DPR RI.

Titiek Soeharto sendiri mengaku memilih mengabdi sebagai  anggota Komisi IV DPR RI, yang membidangi pertanian, perikanan, peternakan kehutanan dan lingkungan hidup, karena ingin meneruskan cita-cita Pak Harto dan Bu Tien, untuk mensejahterakan para petani, peternak maupun nelayan.

Siti Hediati Haryadi (Titiek Soeharto) memberi sambutan silaturahmi bersama peternak di Dusun Nglengis, Sabtu (23/2/2019) -Foto: Jatmika H Kusmargana

“Menyalurkan bantuan pada kelompok ternak seperti ini merupakan salah satu tugas saya. Total sudah ada 35 paket bantuan UPPO yang saya salurkan ke peternak seluruh DIY.  Kelompok ternak Sedyo Manunggal ini salah satu yang kita nilai pantas mendapatkan bantuan. Mudah-mudahan bisa bermanfaat dan bisa beranak-pinak,” katanya.

Selain dialog, dalam kegiatan itu, juga dilakukan deklarasi dukungan warga Desa Banyurejo kepada Titiek Soeharto – Prabowo Sandi (TPS). Titiek Soeharto yang disambut antusias warga juga didaulat untuk menandatangani prasasti bantuan Unit Pengolahan Pupuk Organik (UPPO).

Baca Juga
Lihat juga...