Banyak Jalan Rusak, Pemkot Berharap Warga Bekasi Bersabar

Editor: Mahadeva

171

BEKASI — Memasuki musim penghujan, kerusakan berbagai ruas jalan di Kota Bekasi kian meningkat. Terpantau, di Jalan Jatibening Baru, setiap hari terus digenangi air, yang ketinggianya mencapai tumit orang dewasa.

Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto, menanggapi hal tersebut, dengan meminta warga Kota Bekasi bersabar. Menurutnya, perbaikan jalan jika dilaksanakan saat musim hujan hasilnya tidak akan efektif. Namun demikian melalui dinas terkait, pemerintah daerah sudah melakukan penambalan meski bersifat sementara. “Penambalan dilakukan instansi terkait dalam hal ini Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air, melalui unit reaksi cepat. Sifatnya hanya sementara,” ungkap Tri, Senin (4/2/2019).

Hal lain yang dilakukan menghadapi jalan rusak adalah, memberi rambu lalulintas. Hal itu untuk menginformasikan keberadaan jalan rusak, penempatan dilakukan di titik tertentu. Selain itu, juga menempatkan petugas untuk mengatur lalulintas pada titik genangan pada saat jam sibuk.

Tri menyebut, jalan rusak saat memasuki musim hujan seperti saat ini mencapai 40 persen. Sementara perbaikan dilakukan setelah musim hujan selesai. Beberapa ruas jalan yang rusak diantaranya, jalan nasional, kolektor, alteri. Kerusakan paling parah terjadi di jalur Kalimalang. “Jika ditangani saat musim hujan seperti sekarang, hasilnya tidak maksimal, tidak akan berumur panjang, tetapi terus diupayakan, bagaimana meminimalasi kecelakaan lalu lintas. Perbaikan akan dilaksanakan setelah musim hujan,” tukasnya.

Kepala Seksi Pengembangan Jalan dan Jembatan, BMSDA Kota Bekasi, Edi Susanto, mengaku kewalahan dengan kondisi kerusakan yang ada. Titik kerusakan cukup banyak. Tim unit reaksi cepat memiliki keterbatasan, dan hanya bisa melakukan perbaikan jalan empat meter persegi setiap harinya. “Kami memiliki dua tim, dalam sehari artinya hanya bisa menangani delapan meter persegi jalan yang rusak,” ujarnya, saat melakukan perbaikan jalan di depan kantor wilayah Departemen Agama Kota Bekasi.

Baca Juga
Lihat juga...