Beli Cabai ke Petani Bisa Stabilkan Harga

202
Petani cabai, ilustrasi -Dok: CDN

PURWOKERTO — Akademisi dari Universitas Jenderal Soedirman, Asna Mustofa mengatakan upaya membeli cabai langsung ke petani bisa menjadi salah satu solusi untuk menstabilkan harga komoditas tersebut di pasaran.

“Terutama saat baru saja panen dan cabai melimpah, membeli langsung ke petani bisa menjadi salah satu upaya menstabilkan harga,” katanya di Purwokerto, Jawa Tengah, Sabtu (23/2/2019).

Asna Mustofa yang merupakan dosen Fakultas Pertanian Unsoed itu menjelaskan setelah panen biasanya persediaan banyak namun permintaan tetap, sehingga harga dikhawatirkan akan turun.

“Dengan demikian salah satu cara yang mungkin dapat dilakukan adalah membeli langsung ke petani,” katanya.

Kendati demikian, dia mengakui bahwa tidak seluruh masyarakat memiliki akses langsung ke petani. “Karena itulah pemerintah daerah perlu menginisiasi pasar daring khusus komoditas pertanian guna memperluas akses masyarakat ke petani. Agar petani punya akses untuk menjual produknya kepada masyarakat dan sebaliknya masyarakat bisa membeli produk pertanian langsung dari petani,” katanya.

Dia mengatakan pasar daring khusus komoditas pertanian tersebut perlu melibatkan para pihak terkait agar pelaksanaannya berjalan dengan optimal. Para pihak dimaksud, tambah dia, mulai dari pemerintah daerah melalui organisasi perangkat daerah terkait hingga kelompok tani.

“Dinas Pertanian atau Dinas Perdagangan bisa sebagai operator dan pemelihara sistemnya. Sementara kelompok tani bisa sebagai operator paling bawah yang memungkinkan bisa menjamin validitas produk yang dijual oleh para petani,” katanya.

Sementara itu, dia juga mengapresiasi sejumlah kepala daerah yang mengajak para aparatur sipil negara (ASN) yang ada di wilayahnya untuk membeli cabai langsung dari petani guna menstabilkan harga di pasaran.

“Itu merupakan langkah yang baik untuk ikut menstabilkan harga di pasaran dan memberikan keuntungan bagi petani,” katanya. (Ant)

Lihat juga...