Bentuk Koperasi, Agar Produk UMKM Menjadi Komoditas Unggulan

Ilustrasi - Foto: Dok. CDN

BATUBARA – Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bisa menjadi komoditas unggulan di Kabupaten Batubara, Sumatera Utara. Hal itu untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Bupati Batubara, Ir Zahir MAP, menilai produk UMKM di daerahnya memiliki potensi besar untuk meningkatkan ekonomi daerah. Produk potensial kreatif UMKM tersebut diantaranya, kerajinan songket, serta aneka makanan tradisional.

Menurutnya, agar kegiatan usaha UMKM terus berlangsung dan keuntungan, produsen dan pelaku UMKM bisa terjamin, disarankan pelaku UMKM membentuk koperasi. “Dengan begitu, produk lokal bisa terjamin dan bersaing di pasar modern,” jelasnya.

Pemerintah daerah, sangat berkeinginan, pelaku UMKM memiliki profit, untuk bisa mempercepat kesejahteraan masyarakat. Koperasi merupakan sebuah gerakan masyarakat, sebagai format usaha bersama yang bisa saling mendukung demi kemajuan bersama.

Menurutnya, pemenuhan kebutuhan strategis bisa dipenuhi oleh koperasi, karena lembaga tersebut pengelolaan transaksinya bersistem terbuka dan bermasyarakat. Koperasi dibentuk atas asas kesepakatan bersama, dengan sistem ekonomi kerakyatan yang modern, efektif dan efisien. “Akan kita jadikan koperasi bersistem korporasi. Koperasi bisa diterapkan di berbagai segmen,” tandasnya.

Produk pasar tradisional, yang dikelola dengan sistem bersama juga akan bisa bersaing dengan pasar ritel modern, yang kini kian menjamur di berbagai daerah. “Ayo kembangkan kegiatan UMKM untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...