Benzema-Asensio Antar Madrid Pecundangi Ajax

Editor: Makmun Hidayat

162

AMSTERDAM — Real Madrid mengakhiri lawatan ke Amsterdam dengan kemenangan. Dua gol dari Marco Asensio dan Karim Benzema cukup bagi Madrid untuk mengemas kemenangan atas Ajax pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions, Kamis pagi.

Gol Marco Asensio di menit 87 menjadi penentu kemenangan juara bertahan. Setelah Ajax menyamakan skor melalui Hakim Ziyech yang menyamakan skor pasca kebobolan lebih dulu melalui Karim Benzema.

Kemenangan ini menjadi modal penting bagi tim ibukota Spanyol sebelum kedua tim kembali bentrok pada leg kedua di Santiago Bernabeu pada 5 Maret mendatang.

Tun rumah Ajax langsung memberikan tekanan sejak awal laga. Di menit lima, Hakim Ziyech memberi ancaman serius namun tembakannya dihalau tiang gawang Thibaut Courtois. Klub raksasa Belanda yang tampil di babak 16 besar Liga Champions untuk pertama kalinya sejak musim 2005-06 terus menekan.

Dukungan publik tuan rumah membuat mereka tidak gugup sedikit pun kendati menjamu tim juara bertahan. Hasilnya Noussair Mazraoui kembali mengancam saat laga berjalan sembilan menit namun tembakannya masih melebar.

Madrid menciptakan peluang pertamanya di menit 14 melalui Vinicius Junior. Sayang usahanya masih bisa digagalkan kiper Ajax, Andre Onana. Kiper Ajax kembali menggagalkan sundulan kepala Gareth Bale yang memaksimalkan sepak pojok.

Jual beli serangan terus berlangsung hingga 45 menit laga berjalan. Sayang tidak ada satu pun gol yang berhasil diciptakan. Peluang yang dihasilkan Ajax maupun Madrid tak ada yang berhasil dikonversi menjadi gol.

Tuan rumah kembali menekan di awal babak kedua. David Neres memberi ancaman namun masih bisa digagalkan Courtois. Memasuki satu jam, tim tamu memecah kebuntuan. Menyambut umpan Vinicius Junior dari sisi kiri lapangan, bola dikonversi Benzema menjadi gol.

Ajax merespons dengan baik. Sejumlah peluang dihasilkan baik dari sepak pojok maupun usaha di depan gawang. menit 75, tuan rumah akhirnya menyamakan skor. menyambut umpan silang David Neres, Hakim Ziyach sukses menaklukkan Courtois.

Gol Ziyach membuat tuan rumah kian semangat mengejar gol. Peluang kembali dihasilkan melalui Dolberg namun tembakannya membentur tiang gawang. Laga terlihat akan berakhir dengan hasil imbang sebelum Asensio mencatatkan namanya di papan skor pada menit 87.

Ajax belum menyerah, sejumlah peluang kembali dihasilkan namun gol Asensio menjadi penutup laga untuk memastikan kemenangan Madrid.

Baca Juga
Lihat juga...