BI Aceh: Butuh Peran Swasta Optimalkan Sektor Industri

186
BI, ilustrasi -Dok: CDN

BANDA ACEH — Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Aceh, Zainal Arifin Lubis menyatakan butuh peran swasta untuk mengoptimalkan sektor industri guna mendongkrak pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut.

“Salah satu cara mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Aceh adalah meningkatkan peran swasta di sektor idustri sehingga mampu memberi nilai tambah kepada masyarakat,” katanya di Darussalam, Banda Aceh, Rabu (20/2/2019).

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela orasi ilmiah yudisium mahasiswa Fakultas Ekokonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry sebanyak 253 lulusan di Auditorium Prof Ali Hasjmy, Darussalam Banda Aceh.

Ia menjelaskan swasta juga harus ditingkatkan peran untuk mengoptimalkan sektor unggulan lainnya seperti tanaman pangan, perkebunan, dan perikanan sebagai sektor yang akan mampu menyerap tenaga kerja.

“Keterlibatan swasta dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi Aceh akan menghilangkan ketergantungan pada belanja Pemerintah yakni Anggaran Pendapatan Belanja Aceh dan kabupaten/kota,” katanya.

Ia menambahkan, untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di provinsi itu juga perlu dikembangkan ekonomi syariah merupakan solusi yang tepat untuk mengatasi berbagai permasalahan ekonomi di Aceh.

“Ekonomi Syariah akan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi, menjaga stabilitas keuangan, mengurangi tingkat kemiskinan, mengurangi defisit transaksi berjalan, mengurangi angka pengangguran, serta mengendalikan fluktuasi harga,” katanya.

“Ekonomi syariah mendorong harta-harta mengalir ke sektor produktif melalui instrumen zakat, mengurangi spekulasi dalam berbisnis dan memastikan keadilan dan kesetaraan dalam bermuamalah,” katanya.

Ia juga berpesan kepada lulusan agar dapat bekerja keras untuk pengembangan ekonomi syariah dan membekali diri agar dapat bersaing ditengah kerasnya persaingan dunia kerja. [Ant]

Baca Juga
Lihat juga...