BMKG: Wilayah Sulut Diguyur Hujan Lebat Disertai Petir

189
Ilustrasi - Hujan/Dok.CDN

MANADO — Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca yang berpeluang terjadi di wilayah Sulawesi Utara hingga pukul 11.00 WITA.

“Waspadailah potensi hujan sedang hingga lebat yang disertai petir/kilat,” kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Carisz Kainama, Jumat (1/2/2019).

Cuaca seperti ini berpotensi terjadi di wilayah Kota Manado, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa Selatan, Kaupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dan sekitarnya.

Kondisi seperti ini dapat meluas ke wilayah Kota Bitung, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Kotamobagu, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dan sekitarnya. Saat berita ini diturunkan pukul 08.45 WITA, Kota Manado dan sekitarnya sementara diguyur hujan dengan intensitas lebat.

Beberapa titik yang sempat terpantau seperti drainase samping perpustakaan Provinsi Sulut, airnya sudah menyentuh bagian bawah jembatan.

Begitupun dengan Lapangan Sparta Tikala yang tepat berada di depan Kantor Wali Kota Manado tertutup air setinggi lutut orang dewasa.

Kondisi serupa juga terjadi di pintu masuk kantor Wali Kota Manado yang mulai digenangi air hujan.

Air yang mengalir cukup deras juga terjadi di simpang tiga menuju mesjid Ahmad Yani, air nyaris setinggi roda kendaraan.

Luapan air yang terjadi di ruas-ruas jalan itu menyebabkan kendaraan berjalan tersendat-sendat, warga yang bermukim dekat selokan terpantau menggunakan jas hujan membersihkan sampah yang tersangkut. [Ant]

Baca Juga
Lihat juga...