hut

Bulan Dana PMI 2018 DKI Jakarta Himpun Dana Rp19,8 Miliar

Editor: Mahadeva

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menyampaikan sambutan penutupan bulan Dana PMI 2018, di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (14/2/2019) – Foto Lina Fitria

JAKARTA – Kegiatan bulan dana Palang Merah Indonesia (PMI) 2018 DKI Jakarta resmi ditutup. Kegiatan tersebut, telah berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp19,8 Miliar.

“Bulan dana, Alhamdulillah sudah tuntas di bulan Desember kemarin selama tiga bulan, dan tahun ini kita mencapai angka lebih tinggi daripada tahun sebelumnya,” ucap Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Kamis (14/2/2019).

Dana tersebut, hasil pengumpulan yang dilakukan mulai 1 September hingga 31 Desember 2018. Dana itu, dipergunakan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, berupa penanganan korban bencana, pelayanan sosial dan pelayanan kemanusiaan. Dengan capaian tersebut, Anies berharap kinerja PMI DKI Jakarta bisa lebih optimal.

Terutama dalam berkontribusi untuk program kemanusiaan maupun penangan bencana. PMI, bekerja untuk kegiatan kemanusiaan, yang berhubungan dengan kepentingan orang banyak. “Sayangnya, seringkali kita tidak memperhatikan PMI sampai dalam kondisi sulit. Pada saat kita menghadapi masalah kesehatan, ada bencana, baru kita mendatangi PMI,” ujar Anies.

Capaian dana yang terkumpul di 2018, meningkat 31 persen jika dibandingkan peroleh di 2017. Di tahun sebelumnya, hanya terkumpul dana Rp15,1 miliar.  Dia berharap, PMI DKI Jakarta dapat terus memberikan pelayanan kemanusiaan yang terbaik kepada masyarakat Ibu Kota Jakarta. “Jakarta, Alhamdulillah, PMI DKI Jakarta, menjadi contoh. Ini semua hanya bisa terjadi dengan kolaborasi. Kita bersyukur, bahwa penggalangan dananya berhasil dan sukses. Ini menjadi motivator untuk tahun (berikutnya) juga bisa lebih banyak (baik). Kita berharap nanti berkembang lebih luas lagi,” tandasnya.

Ketua Panitia Bulan Dana PMI DKI Jakarta, Catur Laswanto, mengatakan, pengumpulan dana dilakukan di sekolah, kecamatan, kelurahan, BUMD, SKPD, dan pasar. Wilayah yang berhasil menggalang dana terbanyak adalah Jakarta Timur dengan perolehan Rp7,5 miliar. Kemudian wilayah Jakarta Selatan sebesar Rp4,8 miliar, Jakarta Barat sebesar Rp3,8 miliar, Jakarta Utara sebesar Rp1,7 miliar, Jakarta Pusat sebesar Rp1,6 miliar dan Kepulauan Seribu sebesar Rp128 juta. “Semoga dana ini bisa digunakan sebaik-baiknya untuk masyarakat secara luas,” ujar Catur.

Ketua PMI DKI Jakarta, Muhammad Ali Reza, menjelaskan, hasil Bulan Dana tersebut akan dikembalikan lagi kepada masyarakat. Pengembalian dalam berbagai bentuk pelayanan, antara lain kegiatan bakti sosial, pelayanan dapur umum, dan evakuasi untuk korban bencana, pembinaan generasi muda melalui wadah PMR (Palang Merah Remaja).

Kemudian melalui, pembinaan kader Relawan, pembinaan tenaga Pelatih dan Guru Pembina PMR, pelayanan Ambulans, pelayanan Pemulihan Hubungan Keluarga (Restory Family Links) dan operasional. Bulan Dana, merupakan salah satu sumber penghimpunan dana sosial dari masyarakat, untuk mendukung kegiatan PMI DKI Jakarta.

Lihat juga...