Bupati Minta Durian Banjarnegara Segera Dipatenkan

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

485

BANJARNEGARA — Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah memiliki beraneka jenis durian yang rasanya tidak kalah dengan unggulan dari daerah lain. Setidaknya ada 26 jenis dan baru tiga yang dipatenkan.

Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono mendorong petani dengan dibantu dinas terkait, segera mempatenkan jenis durian lainnya. Belajar dari kabupaten tetangga, penghasil buah duku super, namun karena tidak segera dipatenkan, akhirnya diakui oleh daerah lain.

ʺSegera petenkan durian-durian kita, supaya tidak diklaim oleh daerah lain. Durian lokal Banjarnegara tidak boleh mengalami nasib serupa,ʺ kata Bupati saat membuka promosi produk unggulan desa di Desa Karangmangu, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara, Rabu (20/2/2019).

Bupati menyebutkan, dari laporan dinas terkait, yang sudah dipatenkan, yaitu durian Kamun, Simimang dan Musangking.

Pada kesempatan tersebut Budhi Sarwono beserta Kepala Disnakan Ketahanan Pangan Totok Setya Winarno, Kepala Disparbud Dwi Suryanto serta para pejabat lainnya, ikut mencicipi durian lokal Banjarnegara. Bupati memuji durian yang buahnya cukup besar dan berbiji kecil, serta rasanya manis.

Ketua penyelenggara, Agung Susilo mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk menginventarisir, menambah koleksi serta proses seleksi terhadap produk unggulan lokal. Selain durian, juga ikutkan produk unggulan lainnya, seperti duku, manggis dan sebagainya.

ʺTentu saja kegiatan ini, juga sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan penghasilan petani buah di Desa Karangmangu,ʺ terangnya.

Disebutkan, desa ini memang luasnya hanya 162,23 hektare, namun menyimpan potensi dan produk buah lokal yang luar biasa.

“Inilah yang ingin kita promosikan keluar, supaya desa ini dikenal sebagai sentra buah yang kualitasnya unggul,” tambahnya.

Menurut Agung, kehadiran bupati Banjarnegara yang ikut mempromosikan langsung buah durian lokal, juga menjadi magnet tersendiri yang bisa membuka pintu ke pasar yang lebih luas.

Lihat juga...