Bupati Purbalingga Instruksikan Desa Alokasikan Dana untuk RTLH

Editor: Satmoko Budi Santoso

385

PURBALINGGA – Masih banyaknya Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kabupaten Banyumas, mengundang keprihatinan dari Plt Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi. Karenanya, bupati menginstruksikan kepada kades-kades di Kabupaten Purbalingga untuk mengalokasikan anggaran rehab  RTLH kepada warganya.

Pernyatan tersebut disampaikan Dyah Hayuning Pratiwi atau biasa disapa Tiwi dalam kunjungannya ke Dusun Tungkep, Desa Purbasari, Kecamatan Karangjambu, Kabupaten Purbalingga, Rabu (13/2/2019).

Menurutnya, keberadaan RTLH ini harus mendapat perhatian dari desa. Kades juga diminta untuk melakukan pendataan, serta memberikan bantuan yang benar-benar tepat sasaran.

ʺMulai inventarisir rumah-rumah yang tidak layak huni dan alokasikan anggaran desa untuk memberikan bantuan. Namun, perlu diingat bantuan harus tepat sasaran berdasarkan pendataan yang valid,ʺ tegasnya.

Tiwi menegaskan, perbaikan rumah yang tidak layak huni harus cepat dilakukan. Mengingat sekarang sudah masuk musim hujan dan warga butuh tempat tinggal yang layak serta sehat.

Dalam kunjungannya, Tiwi juga menyerahkan bantuan RTLH untuk dua warga di desa tersebut. Bantuan diberikan kepada Sutomo dan Ramiah, warga RT 02 RW 01 Desa Purbasari.

Plt Bupati juga menyerahkan bingkisan sembako, serta beberapa bahan bangunan rumah, seperti 20 kantong semen untuk masing-masing rumah, serta material bangunan lainnya.

Usai penyerahan bantuan rehab RTLH, Tiwi mengingatkan warga desa untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Sebab, memasuki musim hujan, banyak genangan air yang bisa memicu berbagai macam penyakit, mulai dari DBD, gatal-gatal, leptospirosis dan lain-ain.

Tiwi meminta agar warga menggiatkan gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).

ʺMari kita jaga lingkungan kita, semua itu demi kesehatan kita sendiri, karena nyamuk banyak berkembangbiak di musim penghujan, banyak genangan-genangan air. Jadi selalu waspada dan giatkan kembali PSN,ʺ pesannya

Tiwi tidak hanya sekadar menyampaikan imbauan, tetapi ia juga turun langsung ikut bekerja bakti bersama warga desa. Tanpa canggung, ia ikut membersihkan selokan.

Pada kesempatan tersebut, Plt Bupati juga menyerahkan bantuan lainnya untuk warga, seperti bibit tanaman cabai, hands prayer elektrik dan power traser, bantuan dari Dinas Kesehatan berupa pemberian makanan tambahan untuk ibu hamil, balita, dan lain-lain.

Baca Juga
Lihat juga...