Burnley Perkecil Peluang Gelar Tottenham Hotspur

Editor: Makmun Hidayat

211

BURNLEY — Tottenham Hotspur merupakan salah satu klub yang digadang berpotensi menjadi kampiun Liga Primer musim ini selain Liverpool, Manchester City dan Manchester United yang kembali kompetitif. Namun peluang Spurs mengecil menyusul hasil minor di Turf Moor.

Pada lawatan ke markas Burnley, The Lilywhites dipaksa takluk dengan skor tipis 1-2. Dengan hasil ini skuad asuhan Mauricio Pochettino gagal mendekati Liverpool dan City di urutan dua dan pertama. Spurs masih di urutan tiga dengan koleksi 60 poin, terpaut lima poin dari Liverpool dan City.

Sementara Burnley memperpanjang catatan tak terkalahkan di 2019 ini dengan delapan gol tanpa kekalahan. Hasil itu membuat Burnley merangkak naik dan berada enam poin di atas zona degradasi.

Spurs yang kembali diperkuat Harry Kane setelah tujuh laga absen, masih dibuat kesulitan di babak pertama dengan performa apik yang ditunjukkan Burnley.

Rapatnya pertahanan Burnley membuat Kane tak bisa berbuat banyak. Bahkan kedua tim harus menunggu hingga 33 untuk menciptakan shot on goal pertamanya. Kendati begitu tetap saja, tidak ada satu gol pun yang tercipta pada 45 menit pertama.

Lima menit usai jeda, kiper Burnley, Tom Heaton, dipaksa melakukan penyelamatan gemilang dari tembakan Kane. Juan Foyth gagal memaksimalkan sundulan kepala menyambut bola dari Christian Eriksen menyusul semakin derasnya tekanan Spurs.

Menit 57, tuan rumah memecah kebuntuan melalui proses yang cukup kontroversial. Wasit menghadiahi sepak bojok yang diambil Dwight McNeil. Bola disambut Chris Wood yang mengirim kannya ke bawah gawang Spurs.

Delapan menit kemudian, Spurs berhasil menyamakan skor melalui Kane. Burnley kembali memberikan tekanan setelahnya.

Meski tim tamu butuh tiga angka untuk menjaga peluang juara tetap hidup, namun tuan rumah lebih layak menjadi pemenang pada laga itu. benar saja di menit 83, Ashley Barnes menggandakan keunggulan Burnley setelah menaklukkan Hugo Lloris.

Usaha keras yang dilakukan Spurs setelahnya tidak membuahkan hasil. Skor 2-1 tetap bertahan hingga laga berakhir.

Pada laga lainnya, Crystal Palace menghancurkan Leicester City dengan skor 4-1 dan Newcastle United menang 2-0 atas Huddersfield Town. Sementara itu AFC Bournemouth ditahan imbang Wolverhampton Wanderers denga skor 1-1.

Lihat juga...