hut

Cegah DBD, Dinkes Kupang Jamin Ketersediaan Abate

KUPANG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur(NTT), menjamin ketersediaan bubuk abate dalam mengatasi kasus luar biasa (KLB) demam berdarah dengue (DBD) di daerah ini.

“Ketersediaan bubuk abate mencukupi sehingga masyarakat tidak perlu cemas terhadap kekurangan stoknya untuk mengatasi kasus DBD di Kota Kupang,” kata Kepala Dinkes Kota Kupang, dr. Ari Wijana di Kupang, Minggu.

Dia menjelaskan hal itu terkait upaya Dinkes dalam penanganan kasus KLB DBD di Kota Kupang yang telah menyebabkan ratusan warga terpapar virus DBD.

Dikatakannya, Dinkes Kota Kupang memiliki ketersediaan bubuk abate sebanyak 60 galon untuk kebutuhan warga Kota Kupang.

Ia mengatakan, masyarakat di ibu kota provinsi NTT ini bisa mendapatkan bubuk abate secara gratis di Puskesmas – Puskemas Kota Kupang.

“Apabila membutuhkan bubuk abate datang ke Puskesmas karena ketersediaan sangat banyak dan disiapkan secara gratis,” ujar Ari.

Dia mengemukakan, para petugas kesehatan di Puskesmas juga diwajibkan mendatangi rumah-rumah penduduk di kelurahan-kelurahan yang memiliki kasus DBD untuk membagikan bubuk abate kepada masyarakat secara gratis.

“Petugas kami juga akan membagikan bubuk abate langsung kepada masyarakat dalam membantu mengatasi DBD yang sedang terjadi di Kota Kupang,” tegasnya.

Ari menambahkan, pendistribusian bubuk abate selain dilakukan petugas dari Puskesmas juga dilakukan mahasiswa dari berbagai lembaga perguruan tinggi bidang kesehatan dan fakultas kedokteran di Kota Kupang. (Ant)

Lihat juga...