Cegah DBD, Pemprov Kaltim Ajak Masyarakat Galakkan Germas

Editor: Satmoko Budi Santoso

202

BALIKPAPAN – Untuk mencegah dan menekan angka penularan pada penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur mengajak masyarakat mendukung program Gerakan masyarakat (Germas) Hidup Sehat.

Plt Sekprov Kaltim, Meiliana, mengungkapkan, tujuan dari program itu untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan perilaku kurang sehat. Aksi Germas harus diikuti dengan memasyarakatkan perilaku hidup bersih sehat dan dukungan untuk program infrastruktur dengan basis masyarakat.

“Bagian penting dari Germas Hidup Sehat itu salah satunya dengan lebih serius menjaga kebersihan lingkungan dalam skala kecil, seperti tingkat rumah tangga dapat dilakukan dengan pengelolaan sampah, sehingga kebersihan lingkungan dapat mengurangi dan mencegah perkembangan DBD,” terangnya, Rabu (13/2/2019).

Plt Sekprov Kaltim Meiliana – Foto: Ferry Cahyanti

Tidak hanya program Germas, pihaknya juga mengimbau kepada Pemerintah kabupaten dan Kota untuk mengajak masyarakat melaksanakan gotong royong membersihkan lingkungan masing-masing.

“Diharapkan dengan beberapa upaya yang dilakukan dengan menjaga lingkungan tetap bersih, dapat mencegah mewabahnya penyakit DBD maupun penyakit lainnya,” imbuh Meiliana.

Sementara itu, Rumah sakit Pangkalan TNI AU Dhomber Balikpapan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Balikpapan menggelar pengasapan atau fogging untuk mencegah dan memberantas nyamuk aedes aegypti yang menjadi penyebar virus Demam Berdarah Dengue (DBD) di sekitar Lanud Dhomber, hari ini (13/2).

Komandan Lanud Dhomber, Irwan Pramuda, menjelaskan, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian terhadap kesehatan seluruh warga Lanud Dhomber serta masyarakat sekitarnya, sehingga dapat terhindar dari berbagai macam penyakit yang bersumber dari nyamuk Aedes Aegypti yang berkembang di lingkungan yang kurang bersih dan terdapat genangan air.

Menurutnya, metode fogging sangat membantu dalam membasmi nyamuk dewasa. Sedangkan untuk membasmi jentiknya yaitu dengan selalu menjaga kebersihan di lingkungan tempat tinggal melaksanakan 3M (Menguras, Menutup dan Mengubur).

“Sasaran fogging di antaranya rumah sakit Lanud Dhomber, kompleks rumah dinas, mess Perwira, mess Bintara dan Tamtama serta gedung pendukung lainnya,” ujarnya.

Baca Juga
Lihat juga...