Dana Desa Ogan Komering Ulu Timur Naik Rp40 Miliar

196

MARTAPURA  – Alokasi Dana Desa (ADD) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur pada 2019 naik Rp40 miliar menjadi Rp245 milar, sedangkan pada tahun sebelumnya Rp205 miliar.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Rusman di Martapura, Sabtu, mengatakan bahwa ADD yang akan diterima pemerintah daerah setempat pada 2019 senilai Rp245 miliar itu, untuk seluruh desa di wilayah itu.

Dana bantuan dari pemerintah pusat itu, kata dia, diperuntukkan 305 desa di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur.

Ia menjelaskan, tentang penyaluran dana tersebut secara bertahap, yaitu tahapan pertama 20 persen, kedua 40 persen, dan ketiga 40 persen.

“ADD ini paling cepat mulai dibagikan pada Februari 2019,” kata dia.

Dia menjelaskan bahwa besaran dana yang akan diterima setiap desa bervariasi, karena disesuaikan dengan jumlah penduduk, letak geografis, dan tingkat kemiskinan, serta aspek lainnya.

“Jadi besaran dana yang diterima setiap desa tidak sama akan disesuaikan dengan ketentuan tersebut,” kata dia.

Dia berharap, setiap pemerintahan desa dapat memanfaatkan ADD itu sebagaimana mestinya, sesuai dengan peraturan, agar tidak tersandung masalah hukum.

Pemanfaatan dana desa itu, kata dia, seperti untuk pembangunan infrastruktur, sosial dasar, dan pemberdayaan ekonomi dalam upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat, serta mengurangi angka kemiskinan di pedesaan.

“Selain membangun infrastruktur, dana ini diperuntukkan guna pemberdayaan dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat desa melalui Badan Usaha Milik Desa,” ujar dia. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...