Dekranasda Balikpapan Fasilitasi Ruang Pamer Pelaku UMKM

Editor: Koko Triarko

202

BALIKPAPAN – Dewan Kerajinan Nasional Indonesia Daerah (Dekranasda) Balikpapan, memberikan fasilitas ruang pamer bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah. Keberadaan ruang pamer atau galeri dipandang sebagai sarana membantu memasarkan produk usaha kecil. Dengan demikian, para pelaku usaha dapat memiliki jangkauan pangsa pasar yang lebih luas dan beragam. 

Ketua Dekranasda Kota Balikpapan, Arita Rizal Effendi, menjelaskan keberadaan galeri ini merupakan kerja sama Pemerintah Kota dan Dekranasda.

Ketua Dekranasda Balikpapan, Arita Rizal Effendi -Foto: Ferry Cahyanti

“Outlet khusus untuk produk UMKM ini kami harapkan bisa meningkatkan transaksi pelaku usaha mikro kecil dan menengah,” ucap Arita, Selasa (5/2/2019).

Galeri Seni Dekranasda Balikpapan, berada di kawasan strategis, yakni di samping Gedung Balikpapan Sport & Convention Center-BSCC (Dome).  Dalam outlet ini, terdapat bermacam hasil kerajinan, cinderamata dan oleh-oleh panganan khas Kalimantan Timur.

Program kerja Dekranasda telah mendapat pengakuan pemerintah provinsi Kalimantan Timur. Dalam tiga tahun terakhir, mendapatkan penghargaan terbaik dengan merebut juara pertama.

“Kami menyediakan batik khas Balikpapan, kerajinan ukir kayu, tas, tikar dan berbagai peralatan rumah tangga suku Dayak dan Kutai,” imbuh Arita.

Ia menjelaskan, hampir seluruh perajin pelaku UMKM Balikpapan mengisi stand yang disiapkan. Meski berisi produk cinderamata,  Arita mengingatkan, bahwa galeri ini hanyalah etalase yang dibuat untuk membantu calon konsumen membeli barang yang disukai.

Sementara transaksi dilakukan langsung di lokasi, atau tempat-tempat penjualan cenderamata. “Kami sediakan kartu nama, sehingga masyarakat yang ingin bertransaksi bisa langsung menghubungi nomor kontak yang tersedia,” jelasnya.

Kebijakan ini diterapkan, untuk menekan biaya operasional para pemilik produk, seperti membayar gaji karyawan. Hal ini bisa dipahami, mengingat tidak setiap hari ada kegiatan di Dome. Dekranasda berharap, pengunjung datang dari peserta pameran dan iven yang digelar di gedung itu.

Baca Juga
Lihat juga...