Desa di Abdya Bangun Sumur Bor dari Dana Desa

BLAMGPIDIE — Sebanyak 177 rumah di Desa Ladang Tuha II, Kecamatan Lembah Sabil, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), segera bisa menikmati air bersih setelah tuntasnya pembangunan sumur bor dengan sumber anggaran dana desa (ADD) 2018.

“Program air bersih ini merupakan program desa untuk 177 rumah yang anggarannya bersumber dari dana desa 2018 dengan nominal Rp249,876 juta,” kata Kepala Desa Ladang Tuha II, Hasani, kepada wartawan di Blangpidie, Senin (25/2/2019).

Hasani mengatakan, rasa syukur dibarengi kegembiraan kini mulai dirasakan oleh warganya. Maklum, dengan adanya program dana desa itu ratusan jiwa masyarakatnya bisa menikmati air bersih untuk dikonsumsi.

Sambung dia, selama ini, hampir sebagian besar masyarakat Desa Ladang Tuha II menggunakan air tidak layak konsumsi dalam kehidupan sehari-hari karena selama ini 99 persen air sumur masyarakat kondisinya berwarna kuning.

“Rata-rata air sumur di sini semua berwarna kuning. Jadi, selama ini sebelum air digunakan, terlebih dahulu dilakukan penyaringan secara tradisional, kemudian baru dimanfaatkan oleh warga,” tuturnya lagi.

Menurut Hasani, selain pipa telah terpasang di sebagian rumah warga, air yang akan dikonsumsi juga telah diuji kualitasnya oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Abdya dan Provinsi Aceh.

“Jadi, program ini telah berjalan kurang lebih sebulan dan air yang mengalir ke rumah warga sumbernya berasal dari sumur bor yang telah mendapat pemeriksaan dari Dinas Kesehatan,” ungkapnya. (Ant)

Lihat juga...