hut

Dinas Pendidikan Kota Malang Persiapkan Sekolah Hadapi USBK

Editor: Satmoko Budi Santoso

MALANG – Dinas Pendidikan Kota Malang terus mengevaluasi dan melakukan perbaikan sistem online demi kelancaran pelaksanaan Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK) yang akan digelar pada bulan April mendatang.

Salah satunya dengan membagi server milik Infokom, dinas pendidikan dan Apjatel ke tiga titik pos USBK.

“Nanti Insyaallah ujiannya tetap dilakukan secara online, hanya saja tidak online langsung tapi melalui pos USBK yang dibentuk di kecamatan. Karena kalau dijadikan satu, servernya tidak kuat,” jelas Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, Dra. Zubaidah, MM. Jadi, lanjutnya, dari tiga pos USBK tersebut, baru kemudian jawaban siswa dikirim ke Dinas Pendidikan Jawa Timur.

Menurutnya, dari hasil evaluasi Try Out (TO) kemarin, tidak mampu kalau dilakukan serentak, dijadikan satu. Takutnya nanti ketika USBK anak-anak maupun orang tua khawatir. Sehingga lebih baik servernya dikelompokkan agar USBK bisa berjalan lancar.

Lebih lanjut Zubaidah menuturkan, dengan menggunakan sistem USBK, sebenarnya lebih efektif dan efisien. Meskipun pada awalnya memang nampak biayanya lebih tinggi, tetapi ke depan, kalau nanti sudah terbentuk dan tertata sedemikian rupa, maka akan lebih meringankan.

“Jadi biaya yang tadinya katakanlah untuk macam-macam itu, bisa digunakan untuk kepentingan yang lain. Memang, secara kasat mata, awal penyediaan komputer biayanya miliaran rupiah. Tapi ke depan Insyaallah lebih meringankan. Kita mengadakan kertas untuk ujian itu ya tidak sedikit biayanya. Mengambil soal, mengirim soal dan mengoreksi jawaban juga memerlukan biaya,” katanya.

Untuk itu, Zubaidah mengimbau kepada seluruh sekolah khususnya kepala sekolah agar tetap mempersiapkan USBK dengan sarana prasarana yang ada.

“Kalau ada segala sesuatu atau kendala, karena ini masih tahun pertama, jangan putus asa. Tapi harus dikoordinasikan dengan dinas, jangan diam saja. Dinas pendidikan pasti akan siap untuk membantu dan mendatangkan ahli di bidang IT. Siswa juga tidak perlu khawatir, justru dengan USBK Insyaallah integritasnya akan lebih tinggi,” pungkasnya.

Sementara itu, untuk memahami pelaksanaan USBK, siswa-siswi di Kota Malang telah mengikuti beberapa kali pembelajaran melalui Try Out.

Lihat juga...