Disdik Sumbar Sosialisasikan UNBK 2019

Editor: Mahadeva

277

PADANG – Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat, menyosialisasikan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2019. Sosialisasi menyasar, seluruh kepala sekolah SMA/SMK/SLB dan MA yang ada di Sumatera Barat.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat Burhasman/Foto: M. Noli Hendra

Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Barat (Sumbar), Burhasman, mengatakan, pemerintah menginginkan pelaksanaan UNBK sepenuhnya berjalan lancar dan aman. Termasuk mengenari, keberadaan peralatan pendukung yang di 2019 ini diupayakan mencapai 100 persen.

“Kita menginginkan pelaksanaan UNBK 100 persen, tapi persoalannya jaringan internet dan fasilitas komputer. Kalau untuk kawasan Kota Padang masih cukup memadai soal fasilitasnya, cuma daerah kabupaten lainnya yang masih tekendala itu,” ungkapnya, Kamis (14/2/2019).

Kondisi tersebutlah yang mendorong, dilakukannya sosialisasi UNBK 2019. Pemerintah daerah, ingin meningkatkan kualitas hasil Ujian Nasional dari segala sisi. Burhasman menyebut, sekolah harus mengetahui kelemahan dan kelebihan siswa. Hal itu untuk membantu menyusun strategi, agar dapat meningkatkan hasil UN.

Begitu juga bagi guru pendamping, yang harus tahu kemampuan siswanya. “Kalau dari laporan beberapa kabupaten dan kota, sejauh ini telah melakukan persiapan, termasuk tenaga teknis dan jaringan internet, serta komputer,” jelasnya.

Seperti halnya yang dilakukan Kabupaten Pesisir Selatan. Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni, telah meminta semua sekolah di daerahnya, yang akan melaksanakan UNBK di 2019, untuk melakukan persiapan secara maksimal.  Menurutnya, hal tersebut perlu dilakukan karena Pemkab Pesisir Selatan menargetkan hasil UNBK mendapatkan hasil yang menggembirakan. (Baca : https://www.cendananews.com/2019/02/pemkab-pesisir-selatan-fokus-persiapkan-sarana-unbk.html).

Lihat juga...