Distan Boyolali Gelar Pemeriksaan Sapi Gratis

179
Sapi, ilustrasi -Dok: CDN

BOYOLALI — Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Boyolali menggelar bantuan pemeriksaan dan pengobatan hewan sapi secara gratis guna menjaga kesehatan ternak milik warga.

“Kegiatan pemeriksaan dan pengobatan ternak sapi secara gratis dilakukan dua bulan sekali,” kata Kepala UPT Pusat Kesehatan Hewan Kecamatan Ampel Dinas Peternakan dan Perikanan Boyolali, Sutardi, di sela pemeriksaan dan pengobatan ternak sapi di Dukuh Ringin Putih, Desa Sukabumi, Kecamatan Cepogo Boyolali, Jawa Tengah, Rabu (13/2/2019).

Sutardi mengatakan sebanyak 50 ternak sapi telah mendaftarkan untuk mendapatkan pelayanan pengobatan gratis di Cepogo tersebut.

Menurut dia bantuan pelayanan pemeriksaan antara lain berupa pemberian vitamin dan obat cacing terhadap ternak sapi milik warga. Selain itu, petugas juga menemukan ternak sapi yang sakit gatal-gatal, dan kemudian diberikan pengobatan.

Sutardi menjelaskan UPT Pusat Kesehatan Hewan Kecamatan Ampel ini, membawahi ternak yang ada di wilayah Kecamatan Ampel, Selo, Cepogo, Gladagsari.

Pihaknya berharap masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan pengobatan gratis tersebut, sehingga ternak sapi dalam kondisi sehat, dan memberikan keuntungan bagi peternak.

“Dengan kegiatan pelayanan pengobatan sapi ini, masyarakat merasa puas, karena hewan ternaknya akan sehat dan cepat gemuk. Hal ini, menguntungkan bagi para peternak,” katanya.

Pada musim hujan hingga sekarang ini, lanjut dia, peternak banyak yang mengeluh perut sapi mereka mengalami kembung. Hal ini, karena faktor makanan sapi yang banyak diberikan rumput pada musim hujan.

Sholeh Mawardi (50) salah satu peternak sapi Desa Sukabumi Boyolali mengatakan warga Desa Sukabumi mayoritas bekerja sebagai petani dan peternak sapi. Setiap warga hampir semua memiliki ternak sapi. Mereka banyak beternak sapi jenis jantan, karena lebih menguntungkan dibanding sapi betina.

“Warga khususnya peternak menyambut baik dengan adanya pemberian bantuan pemeriksaan sapi secara gratis. Kami berharap kegiatan ini, sering dilakukan agar ternak terjaga kesehatannya,” kata Sholeh. [Ant]

Baca Juga
Lihat juga...