hut

DKI Terima Hibah Pembangunan MRT Fase II

Editor: Mahadeva

JAKARTA – Dana pembangunan Moda Raya Terpadu (MRT) fase II diserahkan ke Pemprov DKI Jakarta. Dana tersebut bakal digunakan untuk pembangunan tiga bagian, yaitu pekerjaan sipil, jasa konsultasi, dan dana tidak terduga.

“Besarnya dana hibah 70,021 Miliar Yen. Komposisinya 59,108 Miliar Yen untuk pekerjaan sipil. Dan 6,311 Miliar Yen untuk jasa konsultasi. Kemudian 4,600 Miliar Yen untuk dana tak terduga,” kata Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Rabu (13/2/2019).

Anies menyebut, penandatanganan hibah memiliki peran penting, sebagai dasar pengembangan konstruksi proyek MRT Fase II, Koridor Utara–Selatan.  Pemprov DKI Jakarta akan mengerjakan apa yang menjadi kewajibannya, seperti penyediaan fasilitas penunjang hingga laporan keuangan. “Kami all out, dari mulai menyediakan fasilitas penunjang untuk pembangunan MRT, sampai kewajiban menyampaikan laporan triwulanan pelaksanaan kegiatan kepada Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan. Kami juga melakukan update ke Kemenkeu serta Kemenhub, sehingga apa yang dikerjakan dapat dipertanggungjawabkan ke publik,” tandasnya.

Orang nomor satu di Jakarta tersebut menjelaskan, MRT fase II menyambungkan rute Bundaran HI sampai ke Kota Tua. Anies yakin, MRT fase II bakal berjalan sesuai prosedur dan jadwal. “Jadi fase II ini sampai dengan Kota Tua, kemudian nanti dari Kota Tua ke timur, ke kawasan BMW dan Ancol. Jadi Kampung Bandan tidak lagi menjadi bagian dari proses ini, nanti MRT aja,” paparnya.

PT MRT Jakarta dalam waktu dekat ini akan segera memulai pembangunan Fase II. Pembangunan tersebut menyusul Fase I, Bundaran HI-Lebak Bulus, yang telah rampung dan akan beroperasi pada Maret 2019.

Pemprov DKI Jakarta dan Direktur Pembiayaan dan Transver Non Dana Perimbangan Kementerian Keuangan Republik Indonesia, Ubaidi Socheh Hamidi, menandatangani hibah pembangunan MRT Fase II. Penandatanganan merupakan bagian dari komitmen pendanaan, agar pembangunan dan pengoperasionalan MRT Jakarta dapat berjalan maksimal serta aman secara finansial.

Lihat juga...