DLHK Tutup Pipa Pembuang Limbah ke Sungai Taman Pancing

Editor: Mahadeva

199

DENPASAR – Tim Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Denpasar menutup saluran pipa limbah di kawasan Sungai Taman Pancing, Denpasar Selatan (Densel).

Penutupan sebagai tindak lanjut penelusuran kemunculan busa di Sungai taman Pancing, Densel. Tim dari DLHK bersama petugas dari BWS Bali Penida, Kecamatan Denpasar Selatan menelusuri keberadaan enam pipa, dan ditemukan satu pipa yang tertanam dan membuang limbah ke sungai.

Sekretaris DLHK Kota Denpasar, IB Putra Wirabawa, menjelaskan, permasalahan busa di Sungai Taman Pancing menjadi perhatian bersama. Hal itu mendorong dilakukan pengawasan secara intensif. “Sejak awal kami curigai ada yang dengan sengaja membuang limbah ke sungai, dan dari hasil penyusuran enam pipa, kita temukan satu pipa limbah yang tertanam yang diduga menghasilkan busa, sehingga langsung kami tutup,” jelasnya Rabu, (13/2/2019).

Gustra, sapaan akrabnya, menyebut, tidak menutup kemungkinan masih ada pipa yang tertanam. Dengan demikian, pihaknya akan terus melaksanakan penyisiran, sehingga tidak ada lagi limbah yang langsung dibuang ke sungai.  “Kami akan terus menyusur kawasan Taman Pancing dan mengecek apakah ada pipa lain yang juga tertanam. Kami akan tindak tegas pelanggarnya. Bagi masyarakat yang mempunyai usaha dan berpotensi menghasilkan limbah, tentu harus diolah terlebih dahulu agar tidak menimbulkan dampak pencemaran dan kerusakan lingkungan saat dibuang ke sungai,” jelasnya.

Pelanggar, yang diketahui memiliki usaha lhaundry, akan disidang tipiring pada Rabu (13/2/2019) di Pengadilan Negeri Denpasar.

Baca Juga
Lihat juga...