Harga Cabai di Purwokerto Mulai Naik

410
Cabai merah, ilustrasi - Dok. CDN

PURWOKERTO – Harga cabai rawit merah yang dijual pedagang di Pasar Manis Purwokerto, Jawa Tengah, mulai merangkak naik dari sebelumnya, Rp25.000 menjadi Rp28.000 per kilogram.

“Beberapa hari kemarin, harga cabai rawit merah sempat turun hingga Rp25 ribu per kilogram, tapi sekarang sudah mulai naik lagi,” kata pedagang sayuran di Pasar Manis Purwokerto, Sumi (48), di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Sabtu (23/2/2019).

Dia menjelaskan, meski harga cabai rawit merah mulai merangkak naik, namun angka tersebut masih terbilang normal.

“Malahan kadang harga cabai rawit merah bisa melonjak antara Rp35 ribu hingga Rp40 ribu, atau bahkan lebih, karena harganya naik turun terus,” katanya.

Menurut dia, harga yang fluktuatif tersebut kemungkinan besar disebabkan pasokan dari petani yang melimpah belakangan ini.

“Mungkin karena banyak petani yang baru saja panen cabai, sehingga stok cabai melimpah dan harganya jadi cenderung turun,” katanya.

Sementara itu, pedagang di Pasar Manis Purwokerto lainnya, Sutarjo (60), menambahkan harga cabai merah keriting Rp24 ribu per kilogram, cabai merah besar Rp28 ribu per kilogram, dan cabai hijau Rp16 ribu per kilogram.

Sementara itu, harga cabai rawit hijau baturraden Rp35 ribu per kilogram dan harga cabai rawit biasa Rp28 ribu per kilogram.

Dia menambahkan, meskipun harga komoditas cabai cenderung fluktuatif, namun antusiasme masyarakat di wilayah setempat masih tetap tinggi.

“Masih ramai ibu-ibu yang berbelanja cabai dengan jumlah banyak, mungkin sekalian buat stok di rumah,” katanya.

Sementara itu, pada Rabu (20/2), harga cabai rawit hijau yang dijual pedagang di Pasar Manis Purwokerto sebesar Rp20 ribu per kilogram, dan cabai hijau besar Rp15 ribu per kilogram.

Sedangkan harga cabai merah keriting yang dijual pedagang sekitar Rp20 ribu per kilogram. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...