Harga Sejumlah Kebutuhan Dapur di Purwokerto Merangkak Naik

587
Pasar, ilustrasi - Dok CDN

PURWOKERTO — Harga sejumlah kebutuhan pokok masyarakat di pasar tradisional Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, merangkak naik setelah sempat mengalami penurunan.

“Harga beberapa kebutuhan masyarakat khususnya yang berkaitan dengan kebutuhan dapur saat sekarang kembali naik. Informasi dari penyalur, hal itu disebabkan faktor cuaca yang sering hujan,” kata salah seorang pedagang, Yuni, di Pasar Manis, Purwokerto, Kamis (7/2/2019).

Ia mengatakan beberapa harga kebutuhan masyarakat yang mengalami kenaikan di antaranya bawang merah dari Rp24.500 per kilogram menjadi Rp26.500 per kilogram dan bawang putih dari Rp27.500 per kilogram menjadi Rp30.000 per kilogram.

Sebelum mengalami penurunan, kata dia, harga bawang merah sempat mencapai Rp29.000 per kilogram sedangkan bawang putih sebesar Rp30.000 per kilogram.

Pedagang lainnya, Supri mengatakan kenaikan harga juga terjadi cabai merah besar dari Rp21.500 per kilogram menjadi Rp25.000 per kilogram.

“Selain itu, cabai merah keriting yang sempat turun menjadi Rp17.500 per kilogram, kembali naik menjadi Rp20.000 per kilogram. Harga cabai rawit merah yang sempat turun hingga Rp25.500 per kilogram, sekarang sebesar Rp30.000 per kilogram,” katanya.

Menurut dia, harga cabai rawit hijau yang sempat turun hingga Rp22.500 per kilogram, sekarang mencapai Rp30.000 per kilogram.

Ia mengatakan kenaikan harga cabai tersebut disebabkan oleh tingginya curah hujan dalam beberapa hari terakhir sehingga banyak tanaman cabai yang rusak dan gagal panen.

Saat dihubungi dari Purwokerto, Kepala Desa Serang, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Sugito mengatakan curah hujan yang tinggi berdampak pada tanaman sayuran.

“Kebetulan hingga saat ini, petani di Desa Serang yang merupakan sentra penghasil sayuran belum ada yang menanam cabai karena curah hujannya cukup tinggi sehingga berisiko. Petani di Desa Serang saat sekarang lebih banyak yang menanam sayuran umum seperti kol, wortel, dan tomat,” katanya.

Ia mengaku sempat memPrediksi anjloknya harga cabai di beberapa daerah beberapa waktu tidak akan berlangsung lama dan bakal kembali melonjak seperti sekarang karena curah hujan kembali meningkat. [Ant]

Lihat juga...