Hari Peduli Sampah, Pekerja TPSA Peroleh Pembagian Sepatu

Editor: Satmoko Budi Santoso

455

CILACAP – Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2019, Polres Cilacap menggelar bakti sosial dengan membagikan sepatu, sarung tangan, dan masker kepada para pekerja Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA).

Kapolres Cilacap, AKBP Djoko Julianto, memimpin langsung pemberian bingkisan tersebut di TPSA Jeruklegi, Kabupaten Cilacap.

Ada 100 sepatu, 100 sarung tangan dan 100 masker yang dibagikan kepada para pekerja TPSA. Menurut Kapolres, pemberikan bingkisan tersebut sebagai wujud kepedulian terhadap para pekerja. Sekaligus juga wujud kedekatan polri dengan masyarakat.

Kapolres Cilacap, AKBP Djoko Julianto memimpin langsung pemberian bingkisan di TPSA Jeruklegi, Kabupaten Cilacap. Foto: Hermiana E. Effendi

ʺIni juga merupakan wujud kepedulian kita terhadap lingkungan, karena para pekerja di TPSA juga harus merasa aman dalam bekerja, sehingga mereka membutuhkan sepatu, sarung tangan dan masker penutup wajah, karena setiap hari berdekatan dengan sampah-sampah,ʺ kata Kapolres, Kamis (21/2/2019).

Lebih lanjut Kapolres mengatakan, tema hari Peduli Sampah Nasiona tahun ini yaitu kelola sampah untuk hidup bersih sehat dan bernilai.

Hal tersebut mengandung pengertian, supaya masyarakat lebih bijak dalam mengelola sampah dan limbah rumah tangga. Serta menggugah kesadaran masyarakat untuk melindungi bumi dari pencemaran akibat sampah dan limbah.

ʺSudah menjadi kewajiban kita bersama untuk menjaga lingkungan, terutama dari pencemaran dan limbah sampah. Sehingga perlu digalakkan program hidup bersih dan sehat, sebagaimana tema hari peduli sampah tahun ini,ʺ tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Cilacap juga menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada para pekerja yang selama ini mengelola sampah. Sebab, tanpa para petugas ini, tidak mungkin tercipta lingkungan yang bersih dan sehat.

Kapolres juga mengucapkan terima kasih kepada pekerja yang setiap hari bergelut dengan sampah. Peringatan hari peduli sampah ini diharapkan tidak hanya sekadar seremonial saja, tetapi juga mempunyai dampak terhadap pengelolaan sampah yang lebih baik ke depan.

Pekerja di TPAS Jeruklegi, Kabupaten Cilacap terlihat senang menerima bingkisan dari Kapolres. Sebab, selama ini banyak diantara mereka yang dalam menjalankan tugas hanya mengenakan alas kaki sekadarnya dan tanpa sarung tangan serta masker.

 

.

Lihat juga...