Hujan-Angin Landa Banyumas, Tiga Rumah Warga Rusak

Editor: Koko Triarko

BANYUMAS – Hujan deras disertai angin kencang menyebabkan beberapa pohon besar serta tiang listik di Desa Kemawi, Kecamatan Somagede, Kabupaten Banyumas, roboh, Sabtu (19/2) petang. Tiga rumah warga dan satu kandang ayam rusak tertimpa pohon.

Komandan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Banyumas, Ady Chandra, mengatakan, hujan deras terjadi sejak sore hari, dan menjelang petang, hujan deras mulai disertai angin kencang yang memporak-porandakan Desa Kemawi.

ʺAda tiga rumah warga yang mengalami kerusakan pada bagian atap akibat tertimpa pohon, dan satu kandang ayam milik warga juga hancur tertimpa pohon,ʺ terangnya, Sabtu (16/2/2019).

Rumah warga yang rusak tertimpa pohon, yaitu rumah milik Arjana, warga Grumbul Bancak, Desa Kemawi, yang tertimpa pohon durian dan pohon alpukat. Bagian atap rumah rusak cukup parah, karena tertimpa dua pohon sekaligus. Arjana bersama keluarganya terpaksa mengungsi, karena hujan masih cukup deras hingga malam ini.

Rumah lainnya yang tertimpa pohon, yaitu rumah milik Madsuwandi di Grumbul. Rumah tersebut tertimpa pohon dan mengalami kerusakan pada bagian teras depan.

Kerusakan terparah pada rumah milik Kartimiarjo yang tertimpa pohon petai cukup besar. Atap ruang tengah dan kamar hancur. Kartimiarjo dan keluarga terpaksa harus mengungsi ke tempat saudara.

Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi selama tiga jam lebih ini, juga menyebabkan kandang ayam milik Tarno, warga Grumbul Bancak, Desa Kemawi, rusak tertimpa pohon. Selain itu, tiang listrik juga tumbang melintang di tengah Jalan Kemawi – Sumpiuh. Akibatnya, jalan tersebut tidak bisa dilalui kendaraan.

Tagana bersama warga setempat, dibantu Pramuka, langsung membersihkan pohon-pohon yang tumbang.  Pohon yang berukuran besar dipotong dengan menggunakan gergaji mesin.

Pihak PLN juga ikut turun untuk membereskan tiang listrik yang roboh. Sebab, tiang listrik tersebut menutup akses jalan dari Desa Kemawi menuju Sumpiuh.

ʺKita langsung turun bersama warga untuk membersihkan pohon-pohon yang tumbang. Bersama PLN, kita juga berusaha untuk menyingkirkan tiang listrik yang melintang di jalan,ʺ kata Ady Chandra.

Ady Chandra mengimbau, agar warga berhati-hati saat turun hujan deras, terlebih jika disertai angin kencang. Warga diminta untuk mencari lokasi yang aman untuk berteduh dan menghindari pohon-pohon besar.

Lihat juga...