Ibu-ibu Fatayat NU Diajari Berkendara yang Aman

Editor: Mahadeva

334

CILACAP – Ratusan kader Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) di Kabupaten Cilacap mendapatkan pelajaran cara berkendara aman dan taat aturan. Selain materi dan diskusi, para ibu–ibu tersebut juga diberi kesempatan praktek langsung berkendara di halaman uji praktek SIM Polres Cilacap.

Kapolres Cilacap, AKBP Djoko Julianto. (FOTO : Hermiana E.Effendi)

Kapolres Cilacap, AKBP Djoko Julianto, mengatakan, kegiatan tersebut bagian dari upaya menggelorakan Milenial Road Safety Festival. Kegiatannya digalakan Satlantas Polres Cilacap, dengan kegiatan berupa diskusi dan praktek safety riding.

ʺKali ini kita menggelar kegiatan dengan menggandeng ibu-ibu dari Fatayat NU Cilacap, supaya kaum ibu juga bisa berkendara dengan aman di jalanan dan paham akan rambu-rambu lalu lintas,ʺ jelas Kapolres, Minggu (3/2/2019).

Kegiatan diikuti sekira 500 ibu-ibu dari berbagai ranting Fatayat NU di Kabupaten Cilacap. Diskusi dilaksanakan dalam dua sesi, materi diskusi mengenai lalu lintas dan cara berlalu lintas yang aman, tertib dan selamat. Diskusi berlangsung ramai, para ibu yang terkenal seringkali riting kiri-belok kanan, antusias bertanya seputar jenis-jenis pelanggaran lalu lintas beserta sanksinya. Diskusi juga menghadirkan pihak Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cilacap serta Jasa Raharja Cilacap.

Usai diskusi dilanjutkan praktek safety riding. Satlantas Cilacap memberikan sosialisasi berkendara aman, mulai dari menggunakan helm yang dikancing. Kemudian penggunaan lampu riting sepeda motor, serta keharusan untuk menengok kanan dan kiri sebelum belok.

ʺSeringkali pengendara karena merasa sudah menyalakan riting, mereka tidak merasa perlu untuk menengok kanan dan kiri. Hal ini berbahaya, karena di jalan raya itu tipe pengendara bermacam-macam, ada yang kadangkala kurang berhati-hati dan tidak memperhatikan lampu riting kendaraan di depannya,ʺ kata Kasat Lantas Polres Cilacap, AKP Ahmad Nur Ari.

Dalam praktek safety riding, juga disampaikan tata cara bekendara dengan aman. Cara memeriksa kendaraan sebelum berkendara, kemudian tata cara pengereman kendaraan, termasuk cara menghindar. “Kita berharap agar ibu-ibu Fatayat NU Kabupaten Cilacap dapat mendukung program Millenial Road Safety Festival,” pungkasnya.

Lihat juga...