Ikan di Pasar Towo Tahuna Layak Konsumsi

170
Ilustrasi - Komoditas ikan laut -Dok: CDN

KEPULAUAN SANGIHE – Ikan yang dijual di pasar tradisional Towo Tahuna dinyatakan layak dikonsumsi. Hal tersebut mendasarkan hasil uji laboratorium yang telah dilakukan.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan Stasiun Karantina Ikan, ikan yang dijual di pasar Towo layak dikonsumsi masyarakat,” ungkap Kepala Stasiun Karantina Ikan (SKI) Kabupaten Kepulauan Sangihe, Gery Lumiu, di Tahuna, Sulawesi Utara, Selasa (19/2/2019).

Menurutnya, tim SKI telah melakukan pemeriksaan terhadap beberapa jenis ikan yang ada di pasar. Hasilnya, semua tidak mengandung bahan berbahaya. “Kami sudah periksa beberapa jenis ikan di pasar Towo, hasilnya tidak ditemukan bahan yang berbahaya bagi kesehatan,” tandasnya.

Dari segi mutu, ikan yang dijual di pasar Towo disebutnya, sebagai ikan segar hasil tangkapan nelayan setempat. Namun demikian, sebagai instansi teknis, SKI tetap melakukan pemeriksaan terhadap ikan yang dijual kepada masyarakat. “Sekalipun ikan yang dijual di pasar dalam kondisi segar, namun SKI tetap melakukan pemeriksaan, guna memberikan kepastian bagi masyarakat, bahwa ikan yang ada di pasar Tahuna tidak mengandung bahan yang berbahaya,” jelasnya.

Selain mutu ikan yang diperiksa, tim yang terdiri dari SKI, Dinas Kelautan dan Perikanan, serta Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), juga memeriksa berbagai jenis makanan. “Badan POM juga memeriksa beberapa jenis makanan termasuk mie dan tahu serta tempe. Semuanya dinyatakan negatif dari bahan yang berbahaya,” ungkapnya.

Diharapkan, semua penjual ikan serta makanan di Kabupaten Sangihe, tetap menjaga mutu agar produk yang dijual tidak membahayakan masyarakat. “Kami berharap, semua penjual tetap memperhatikan mutu jualan termasuk ikan dan bahan makanan lainnya,” pungkasnya. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...