Jaga Stamina, Relawan PMI di Area Bencana Periksa Kesehatan

245

SUKABUMI  – Puluhan relawan Palang Merah Indonesia (PMI) yang bertugas dan melayani korban bencana gempa bumi, tsunami dan likuifaksi di Sulawesi Tengah (Sulteng) menjalani pemeriksaan kesehatan.

“Pemeriksaan kesehatan ini untuk memantau sejauh mana kondisi kesehatan relawan yang bertugas karena mereka juga manusia yang bisa saja sakit, cidera atau lain hal. Sehingga pelayanan yang diberikan ini untuk menjaga kesehatan mereka,” jelas Koordinator Layanan Kesehatan PMI Sulteng, Amyadin melalui sambungan telepon yang dihubungi dari Sukabumi, Rabu.

Untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada relawan, PMI menurunkan satu dokter, empat perawat dan satu apoteker untuk memeriksa dan memastikan relawan yang bertugas dalam keadaan sehat mengingat operasi PMI untuk pemulihan korban bencana di Sulteng masih 18 Bulan ke depan.

Menurutnya, pelayanan kesehatan tehadap relawan ini merupakan tanggung jawab Tim Yankes PMI apalagi pelayanan terhadap masyarakat yang terdampak bencana cukup padat sehingga kondisi kesehatan relawan pun harus sehat agar tidak drop saat bertugas.

Pelayanan ini dilakukan secara rutin setiap minggunya dan apabila ada relawan yang bermasalah kesehatannya langsung dilakukan perawatan di klinik milik PMI untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut.

“Untuk saat ini ada 41 relawan yang menjalani pemeriksaan kesehatan mayoritas tubuh mereka sehat hanya saja keluhannya adalah kelelahan, namun bukan penghalang bagi relawan untuk tetap menjalankan aksi kemanusiaannya,” tambahnya.

Sementara, salah seorang relawan Saika mengatakan, pelayanan kesehatan tersebut bisa mengetahui sejauh mana tingkat kesehatan dirinya dan rekannya agar jika ada permasalahan kesehatan bisa langsung ditangani.

“Dalam melakukan pelayanan terhadap masyarakat korban bencana tentunya badan harus prima dan fit jangan sampai saat di lokasi tubuh malah drop,” ujarnya. (Ant)

Lihat juga...