Jaring Bibit Atlet, Dispora Bekasi Gelar Turnamen U17

Editor: Satmoko Budi Santoso

340

BEKASI—Dinas Pemuda dan Olahrga (Dispora) Kota Bekasi, Jawa Barat, menggelar turnamen khusus usia pelajar atau U17. Kegiatan tersebut sebagai salah satu persiapan menghadapi Pekan Olahraga Pelajar Wilayah Daerah (Popwilda) Jawa Barat yang akan dilaksanakan pertengahan tahun mendatang.

Turnamen U17 juga dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Bekasi ke-22 pada Maret 2019 mendatang.

Pertandingan dilaksanakan dengan mengundang pelajar di 12 Kecamatan di wilayah setempat, untuk mengikuti empat cabang olahraga (cabor) seperti volly, sepak bola, basket dan senam khusus peserta sekolah dasar. Lokasi pelaksanaan dilakukan di lingkungan Gor Patriot Chandrabaga.

“Turnamen U17 dalam rangka menyambut HUT Kota Bekasi ke-22, mengundang 12 kecamatan sebagai peserta untuk mengikuti cabang olahraga yang dilombakan,” kata Ujang Tedi, Kabid Pembudayaan Olahraga, Dispora Kota Bekasi, kepada Cendana News, Jumat (22/2/2019).

Ujang Tedi, Kabid Pembudayaan Olahraga Dispora Kota Bekasi – Foto: Muhammad Amin

Dikatakan, pertandingan melibatkan kalangan pelajar dari berbagai sekolah yang tergabung dalam satu tim dengan membawa nama kecamatan. Kegiatan tersebut, imbuhnya, dalam rangka menjaring bibit baru untuk diikutkan di ajang olahraga bergengsi tingkat provinsi.

Misalnya, ucapnya, satu tim sepak bola dari Kecamatan Bekasi Timur, mereka tidak berasal dari satu sekolah yang ada di wilayah tersebut, melainkan diambil dari berbagai sekolah baik negeri ataupun swasta yang usianya di bawah 17 tahun.

“Dispora sendiri sudah menyiapkan tim khusus, mantan pemain PSSI untuk melakukan penilaian peserta olahraga yang berbakat, guna ditarik membawa nama Kota Bekasi di ajang Popwilda Jabar nanti. Atlet terbaik akan direkrut dan dilakukan pembinaan lanjutan,” papar Tedi.

Ada pun hadiah bagi juara, dari keempat cabor tersebut akan mendapatkan masing masing Rp10 juta untuk juara pertama, juara kedua Rp7,5 juta dan ketiga Rp5 juta. Disamping itu mereka akan mendapat piala tropi dari Wali Kota dan Dinas Pemuda Olaraga Kota Bekasi.

“Pertandingan saat ini sudah masuk semi final, bahkan ada yang sudah final seperti basket. Senin ini akan selesai untuk bola langsung diberikan tropi secara simbolis,” tandasnya.

Turnamen U17 yang dilaksanakan tersebut adalah bentuk perhatian pemerintah dalam menyambut HUT ke-22 Kota Bekasi. Bagaimana masyarakat bisa senang dan merasakan usia Kota Bekasi menuju mapan.

Pantauan di lapangan, pada Jumat (22/2/2019) ada dua pertandingan, dilaksanakan di Gedung Basket lingkungan Gor Patriot dan pertandingan sepakbola antara kesebelasan dari Kecamatan Rawalumbu melawan Kecamatan Bekasi Timur. Dilakukan di lapangan stadion utama dilaksanakan sekira pukul 15.30 WIB.

Lihat juga...