Jumat Nambal Dalan, Benahi Jalan Berlubang di Banjarnegara

Editor: Satmoko Budi Santoso

497

BANJARNEGARA – Menyikapi banyaknya jalan berlubang di Kabupaten Banjarnegara, Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono, melakukan gerakan Jumat Nambal Dalan atau menambal jalan.

Gerakan ini dilakukan sudah dua kali hari Jumat dan pada Jumat (22/2/2019), bupati menggandeng Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Banjarnegara untuk ikut menyaksikan langsung penambalan jalan.

Kali ini penambalan jalan dilakukan di jalan nasional kompleks kuliner Semampir hingga perempatan Pasar Wage Banjarnegara. Panjang jalan ditambal kurang lebih 2 kilometer. Dengan mengenakan kaos santai, Bupati Banjarnegara memimpin langsung penambalan jalan untuk memastikan kualitas tambalan.

ʺJika pada setiap hari Jumat kita lakukan penambalan jalan berlubang, maka secara bertahap akan berkurang jalan-jalan yang membahayakan bagi pengendara dan sesuai nama gerakan yaitu Jumat Nambal Dalan, maka aksi ini akan dilakukan setiap hari Jumat,ʺ terang Budhi Sarwono.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, penambalan rutin jalan ini, dilakukan sebagai bentuk respon terhadap keluhan masyarakat tentang kerusakan jalan nasional di Kabupaten Banjarnegara. Bahkan sudah ada beberapa pengendara sepeda motor yang mengalami kecelakaan akibat terperosok jalan berlubang.

ʺSudah kita sampaikan keluhan jalan rusak ini ke Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Tengah, hingga ke kementrian terkait, tetapi kalau menunggu proses bantuan, masih lama. Sementara jalan ini setiap hari dilalui pengendara. Sehingga kita berinisiatif untuk menambal sendiri,ʺ terangnya.

Untuk pembiayaan, lanjut bupati, ditanggung secara gotong royong oleh pihaknya, Forkompinda dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada. Estimasinya untuk satu kali kegiatan mencapai Rp25 juta. Adapun aspal yang digunakan yakni jenis hotmix berkualitas bagus.

ʺBiayanya gotong royong sendiri, demi masyarakat Kabupaten Banjarnegara, jadi kita tidak minta ke presiden. Dan aspal yang dipergunakan merupakan aspal hotmix yang terbaik. Memang harganya lebih mahal, namun praktis dan langsung kering,” jelas Budhi Sarwono.

Dalam kegiatan Jumat Nambal Dalan tersebut, bupati Banjarnegara juga didampingi oleh Kasat Lantas Polres Banjarnegara, AKP Totok Nuryanto, serta perwakilan dari Kodim 0704/Banjarnegara, Lettu Imam Haryitno dan dinas-dinas terkait.

Aksi tambal jalan ini akan terus dilakukan setiap Jumat dengan didukung dua armada dump truck serta melibatkan 10 orang pekerja. Targetnya penambalan jalan sampai dengan perbatasan di Singamerta, Banjarnegara.

Baca Juga
Lihat juga...