Kabupaten Sarmi Dilanda Gempa Bumi 4,8 SR

180
Ilustrasi

JAYAPURA — Gempa bumi berkekuatan 4,8 skala Richter, Kamis (14/2) pagi sekitar pukul 03.38 WIT melanda wilayah Kabupaten Sarmi dan daerah sekitarnya di Provinsi Papua.

Data dari BMKG Wilayah V Jayapura) mengungkapkan, gempa teknonik yang terjadi pada koordinat 1.93 LS 138.52 BT, tepatnya di darat pada 26 Km Barat Daya Sarmi, dengan kedalaman 22 Km.

Gempa tersebut dirasakan i-11 mmi dan tidak berpotensi tsunami, karena dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa ini merupakan gempa bumi dangkal yang terjadi pada Region Lanjur Anjak Mamberamo.

Hingga pukul 04:00 WIT, dari hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) sehingga masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Kapolres Sarmi AKBP Paul Izak mengaku, hingga kini belum ada laporan tentang dampak yang ditimbulkan akibat gempa tersebut.

“Biasanya bila gempa diatas 5 SR yang kami khawatirkan,” kata AKBP Paul yang dihubungi melalui telepon selulernya dari Jayapura, Kamis (14/2/2019. [Ant]

Baca Juga
Lihat juga...