Kabut Asap, Dinkes Dumai Bagikan 14.000 Masker

Pembagian masker - DOK CDN

DUMAI – Dinas Kesehatan Kota Dumai, Riau, membagikan 14 ribu masker ke masyarakat. Hal itu dilakukan setelah, kabut asap dampak Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) mulai menyelimuti daerah tersebut beberapa pekan terakhir.

Kepala Dinas Kesehatan Dumai, Faisal, menyebut, ribuan masker dibagikan kepada masyarakat yang melintas di jalan umum. Termasuk kepada pelajar di sekolah-sekolah. Pembagian masker juga dilakukan petugas Puskesmas Dumai, karena sejak munculnya kabut asap, pelayanan medis mulai didatangi masyarakat yang terganggu kesehatannya.

Saat ini persediaan masker telah ditambah, dan sudah menerima 40 ribu lembar, dari Dinkes Provinsi Riau. “Kesehatan masyarakat mulai terganggu akibat kabut asap. Selama ini juga terjadi peningkatan pelayanan di puskesmas, dan persediaan masker saat ini bertambah 40 ribu bantuan dari dinas kesehatan provinsi,” tutur Faisal, Rabu (20/2/2019).

Data Dinkes Dumai mencatat, di 15 Februari 2019 terjadi peningkatan penderita gangguan kesehatan pada tenggorokan dan pernafasan. Mereka yang menjalani rawat jalan di Puskesmas mencapai 231 orang.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Dumai, Hafidz Permana, menyebut, pasien rawat jalan ke puskesmas sebagian besar menderita gangguan kesehatan pada tenggorokan, amandel dan batuk serta pilek. “Penderita yang dilayani di puskesmas, terbanyak radang tenggorokan amandel dan flu. Kita mengimbau agar di luar ruangan memakai masker, supaya tidak terdampak buruk kabut asap,” pungkas Hafidz. (Ant)

Lihat juga...