Kampung KB Berperan Tingkatkan Kesejahteraan Keluarga

Editor: Satmoko Budi Santoso

326

BANYUMAS – Keberadaan kampung Keluarga Berencana (KB) yang sedang digalakkan pemerintah, diharapkan mampu mendongkrak kesejahteraan keluarga. Sebab, dengan dibatasinya jumlah anggota keluarga, maka secara otomatis kesehatan, pendidikan dan ekonomi keluarga akan lebih terpantau.

Pernyataan tersebut disampaikan Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KSPK) Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat, M. Yani, saat berkunjung ke Kabupaten Banyumas.

Menurutnya, kampung KB ini merupakan salah satu inovasi strategis untuk mengimplementasikan kegiatan prioritas pembangunan.

ʺKampung KB sangat berperan dalam meningkatkan keluarga sejahtera dan juga pengurangan penduduk miskin. Karena penduduknya sudah mempunyai kesadaran akan pentingnya pembatasan kelahiran, sehingga anak-anak mempunyai masa depan yang lebih baik,ʺ kata M. Yani, Minggu (10/2/2019).

Ia juga memuji Kampung KB Harmonis di RW 02, Desa Sumbang, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas yang masyarakatnya mempunyai kreativitas tinggi untuk meningkatkan ekonomi keluarga.

Beberapa ibu rumah tangga ada yang membuat kerajinan tangan dari barang daur ulang, ada juga yang membuat aneka makanan kering untuk dijual kembali. Aktivitas tersebut bisa dilakukan para ibu, karena mereka tidak terbebani dengan memiliki anak setiap tahun.

Selain itu, banyak pula warga yang memanfaatkan pekarangan rumahnya dengan tanaman-tanaman produktif yang bisa menunjang kebutuhan rumah tangga. Seperti tanaman cabai, terong, pepaya, pisang dan lain-lain.

ʺMasyarakat di kampung KB Harmonis ini sangat kreatif dan bisa dicontoh oleh yang lain. Banyak kegiatan dilakukan untuk membantu ekonomi keluarga, mulai dari berjualan makanan kecil, mendaur ulang barang bekas menjadi kerajinan tangan yang mempunyai nilai ekonomis tinggi, hingga pemanfaatan pekarangan dengan tanaman produktif. Saya sangat mengapresiasi kampung KB ini,ʺ tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Banyumas, Taefur Arofat, mengatakan, dari 331 desa dan kelurahan di Kabupaten Banyumas, yang sudah melaksanakan program kampung KB ada 308. Sehingga mayoritas desa dan kelurahan di Kabupaten Banyumas sudah menjadi kampung KB.

ʺMayoritas memang sudah menjadi kampung KB, namun kondisinya beraneka ragam, dan salah satu kampung KB yang penuh dengan inovasi ya kampung KB Harmonis ini. Kampung ini pernah mengikuti lomba KB tingkat Provinsi Jawa Tengah dan menjadi juara satu,ʺ terangnya.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah, Wagino, yang ikut melihat lokasi kampung KB mengatakan, sejauh ini ada dua kampung KB di Banyumas yang sangat layak masuk nominasi tingkat provinsi, yaitu kampung KB di Desa Sumbang dan kampung KB di Kelurahan Karangpucung, Kecamatan Purwokerto Selatan.

Baca Juga
Lihat juga...