Khatulistiwa Jazz Festival, Tumbuhkan Gairah Musisi Muda

372

PONTIANAK  – Genre musik jazz di Kota Pontianak mulai bergairah.

Hadirnya Khatulistiwa Jazz Festival 2019 yang sukses digelar di Halaman Parkir A Yani Megamall Pontianak, Sabtu (9/2) malam merupakan titik awal karena merupakan festival jazz pertama digelar di Kalbar.

Menariknya lagi di puncak pertunjukan, Indro Harjodikoro yang berkolaborasi dengan Jazz Muda Indonesia tampil dan memukau pengunjung yang hadir tersebut.

Kehadiran Indro Harjodikoro dan Jazz Muda Indonesia tersebut melengkapi pertunjukan dari sembilan grup musisi asal Kalbar yang tampil dalam Khatulistiwa Jazz Festival 2019 tersebut.

“Saat ini memang lagi menjamurnya musik jazz, Kota Pontianak termasuk. Apalagi dengan adanya Khatulistiwa Jazz Festival ini yang memberikan ruang kepada musisinya. Kita melihat mulai bergairah,” ujar Indro Harjodikoro, Minggu.

Ia menilai dengan Khatulistiwa Jazz Festival 2019 tentu menjadi satu di antara pemikat orang untuk datang ke Pontianak. Hal itu karena musik jazz  merupakan sajian musik kelas dunia.

“Melalui even ini dan bila digelar rutin dengan pengemasan pertunjukan dengan baik bisa mendatangkan wisatawan ke Kota Pontianak. Apalagi kita tahu untuk musisi Indonesia yang sudah dikenal luas seperti Hendri Lamiri, Arwana dan lainnya berasal dari Kalbar. Itu cikal bakal untuk memajukan musik di Kalbar termasuk jazz,” sebut dia.

Saat malam pertunjukan Khatulistiwa Jazz tersebut, Gubernur Kalbar, Sutarmidji turut hadir dan menikmati tembang jazz yang disuguhkan. Pada kesempatan itu ia meminta kegiatan tersebut menjadi agenda rutin dan tidak hanya berhenti pada tahun ini.

“Even ini harus menjadi kebanggaan Kalbar. Namun agar lebih maksimal ke depan baik waktu dan pelaksanaannya perlu dievaluasi. Secara umum ini sudah baik dan selamat sukses untuk Khatulistiwa Jazz Festival,” ucapnya.

Adapun grup musik lainnya yang tampil dan melibatkan ratusan musisi dalam even tersebut seperti Tiup Besi Simple Flow, Joseph & Friends, Sandy & Sena Project, Lawangkain Ansambel, Bougenville, Manjakani, Chrislie & Friends dan Coffternoon.

Khatulistiwa Jazz Festival juga merupakan rangkaian dari Pontianak Food Festival (PFF) III yang berlangsung dari 8 – 13 Februari 2019 didukung oleh Pemkot Pontianak, Pondok Ale-ale, Bank Mandiri, Harris Hotel, Grand Kartika Hotel, Go-Jek, Cemerlang Pentasindo, Rumah Musik Chrislie, Sanggar Bougenville, Equator Live Audio System dan PLN. (Ant)

Lihat juga...