KPU Balikpapan Selesai Merakit Dua Ribu Kotak Suara

Editor: Mahadeva

273
Ketua KPUD Balikpapan Noor Thoha – Foto Ferry Cahyanti

BALIKPAPAN – KPUD Balikpapan mengejar penyelesaian perakitan kotak suara. Saat ini petugas sudah berhasil menyelesaikan perakitan sekira 2.000 kotak suara. Proses perakitan kotak suara di Balikpapan, dilakukan delapan orang petugas. Setiap personel dapat merakit sekira 150 hingga 200 kotak suara.

“Kami targetkan penyelesaian perakitan kotak suara sampai 18 Februari nanti, dan sekarang sudah hampir 2.000 kotak suara selesai dirakit,” ungkap Ketua KPUD Balikpapan, Noor Thoha, Selasa (13/2/2019).

Di Februari ini, secara bertahap sejumlah logistik pemilu telah datang ke KPUD Balikpapan. Logistik yang sudah datang diantaranya, segel, tinta, bilik dan kotak suara. Semuanya merupakan logistik yang pengadaannya dilakukan KPU Pusat.

Jumlah keseluruhan kotak suara yang sudah datang 10.226 lembar. Sementara untuk bilik suara berjumlah 8.128 lembar. “Untuk surat suara masih belum dicetak. Rencananya pencetakan dilakukan pada 15 Februari, dan biasanya sekitar dua minggu baru dilakukan pengiriman di pelabuhan, melalui kantor pos,” paparnya.

Sementara itu, Pemprov Kalimantan Timur melakukan sidak ke KPU Kaltim, untuk mengetahui permasalahan dan kesiapan pelaksanaan pemilu di daerah tersebut. Pelaksana Tugas (Plt) Sekprov Kaltim, Dr Hj Meiliana, mengatakan, sidak menjadi salah satu upaya pemerintah untuk mengetahui kesiapan KPU. Termasuk untuk melihat lebih dekat, apakah ada kendala yang dihadapi menjelang pesta pelaksanaan demokrasi di 17 April 2019.

“Kita ingin melihat kesiapan KPU sebagai penyelenggara pilpres dan pileg. Pelaksanaan semakin dekat. Karena kita semua menghendaki pelaksanaan pilpres dan pileg berjalan sukses, lancar, aman dan damai,” tandasnya.

Lihat juga...