KPU Edukasi Pemilih Pemula di SMKN 1 Bakauheni

Editor: Mahadeva

326

LAMPUNG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lampung Selatan menggelar KPU Goes to School Pemilu 2019. Upaya edukasi tersebut, untuk meningkatkan partisipasi pemilih pemula khususnya pelajar.

Komisioner KPU Lamsel Titik Sutriningsih,S.E, M.M, menyebut, kegiatan tersebut menjadi bagian dari upaya mendongkrak partisipasi pemilih. Kali ini yang menjadi sasaran adalah siswa SMKN 1 Bakauheni, Lampung Selatan. KPU Goes to School, diklaim bermanfaat untuk pelajar yang sudah berusia 17 tahun. Mereka memiliki hak pilih di Pemilu 2019.

Ketua Divisi SDM, Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat KPU Lampung Selatan tersebut menegaskan, kegiatan sosialisasi bagi pelajar tersebut berisi paparan mengenai, bagaimana cara berpartisipasi pada pemilu, teknik memilih atau mencoblos dengan benar, serta bagaimana menjadi pemilih yang cerdas.

Pelajar adalah bagian dari masyarakat terdidik. Untuk itu, sosialisasi yang diberikan pengetahuan tentang demokrasi dan kepemiluan. “Kepada pelajar yang masuk sebagai pemilih pemula dan belum mendapatkan e-KTP bisa menggunakan surat keterangan perekaman e-KTP, sehingga pemilih pemula tetap bisa menyalurkan hak pilihnya,” terang Titik Sutriningsih, Kamis (14/2/2019).

Titik menyebut, dinamika di Pemilu 2019 sangat berwarna. KPU Goes to School, dapat untuk menjembatani pelajar berinteraksi secara langsung dengan KPU. Pola sosisalisasi selain pemberian materi, juga menggelar simulasi. Selain sosialisasi kepada pelajar, KPU Lamsel juga melakukan sosialisasi dengan menyasar sejumlah pemilih, seperti komunitas, kampus, perempuan serta pemilih disabilitas.

Wakil Ketua Bidang Kurikulum SMKN 1 Bakauheni, Yusnida Febriany Harahap, S.Pd, M.Pd, mengapresiasi kegiatan KPU Goes To School. Sebanyak 200 siswa kelas XII dari empat jurusan diikutan dalam kegiatan tersebut. “Para pelajar sangat penting mendapat bekal terkait pendidikan bagi pemilih pemula, karena mereka bisa menjadi penentu nasib Indonesia lima tahun mendatang,” terang Yusnida.

Dengan sosialisasi tersebut, diharap siswa SMKN 1 Bakauheni mau menggunakan hak pilihnya. Salah satu siswa, Abi Harahap, mengaku mendapatkan manfaat dari sosialisasi tersebut. Siswa kelas XII jurusan Tekhnik Kendaraan Ringan tersebut, saat ini bestatus sebagai pemilih pemula. Dari sosialisasi yang diterima, dan Dia tahu jumlah kertas suara.

Lihat juga...