KPU Jateng Berikan Instruksi Rakit Kotak Suara

192

SEMARANG – Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Tengah, menginstruksikan KPU kabupaten/kota untuk segera merakit kotak suara yang telah didistribusikan ke tiap daerah.

“Pada Februari ini memasuki tahapan perakitan kotak suara yang sebelumnya sudah diterima masing-masjng KPU kabupaten/kota, tapi belum boleh dilakukan pembongkaran,” kata Komisioner KPU Jateng Ikhwanudin, di Semarang, Sabtu.

Instruksi perakitan kotak suara berbahan karton duplex itu dilakukan menyusul adanya surat edaran dari KPU Republik Indonesia.

KPU Jateng menargetkan perakitan kotak suara Pemilu 2019 tersebut selesai pada akhir bulan ini.

“Setelah ada surat edaran, maka KPU kabupaten/kota sudah bisa mulai merakit kotak suara, target kita 28 Februari 2019 semua sudah selesai,” ujarnya lagi.

Ia menyebutkan, apabila seluruh kotak suara sudah selesai dirakit, maka selanjutnya akan disimpan di gudang bersama logistik pemilu lain yang sudah didistribusikan sebelumnya kecuali surat suara.

“Seluruh logistik disimpan di gudang milik KPU atau sewa gudang. Untuk tata kelola gudangnya kita bekerja sama dengan Bulog yang memang ahlinya soal pergudangan. Jadi, logistik sebelum disimpan di gudang ada proses fumigasi untuk mencegah hama,” katanya pula.

Terkait dengan pendistribusian surat suara dari KPU RI, yang saat ini sudah mendapatkan jatah adalah KPU Kota Tegal, sedangkan KPU kabupaten/kota lainnya akan dikirimkan secara bertahap, sesuai dengan arahan dari KPU RI.

“Targetnya, semua surat suara sudah diterima KPU kabupaten/kota 30 hari sebelum hari H agar pada 17 Maret nanti bisa dilakukan penyortiran dan pelipatan surat suara,” ujarnya lagi. (Ant)

Lihat juga...