hut

KSU Derami Sasar Kaum Duafa, Bantu Perbaiki Ekonomi

Editor: Satmoko Budi Santoso

PADANG – Koperasi Serba Usaha (KSU) Dewantara Ranah Minang (Derami) Padang, Sumatera Barat, terus mengembangkan sayap untuk menjangkau dan membantu masyarakat kaum duafa. Melalui pinjaman modal usaha Tabur Puja, KSU Derami menargetkan dapat mengubah ekonomi kaum duafa ke kondisi yang lebih baik.

Ketua KSU Derami Padang, Sayu Putu Ratniati, mengatakan, meskipun Kota Padang merupakan daerah ibu kota Provinsi Sumatera Barat, untuk kaum duafa masih banyak ditemui. Di Padang, kaum duafa banyak ditemukan di daerah pinggiran kota dan di kawasan sepanjang pantai.

“Memang tidak bisa kita pungkiri bahwa kaum duafa masih banyak terlihat. Mungkin bisa dilihat di lampu merah, banyak ibu yang menggendong  anaknya dengan maksud mengemis, dan remaja lainnya yang juga mengemis. Jika tidak ada solusi, maka mereka akan begitu terus,” katanya, Selasa (26/2/2019).

Ia menyebutkan, di KSU Derami melalui Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) di berbagai tingkat kelurahan di Padang, juga telah berkomitmen untuk mengutamakan kaum duafa untuk mendapatkan pinjaman modal usaha sebesar Rp2 juta. Asisten Kredit (AK) nantinya akan melakukan wawancara kepada setiap masyarakat yang mengajukan pinjaman.

“Jadi siapa yang layak mendapatkan pinjaman dari Tabur Puja itu, AK dan Pengurus Posdaya yang menentukan. Secara umum AK menanyakan usaha yang hendak dijalani. Untuk memastikan bagaimana masyarakat yang mengajukan itu, ekonomi keluarganya, pengurus Posdaya yang lebih tahu, karena berada di daerahnya,” jelasnya.

Ayu menyatakan, sejauh ini KSU Derami Padang telah banyak menumbuhkan  usaha baru dari tangan- tangah kaum duafa. Meskipun usaha hanya berupa usaha mikro, tapi setidaknya sedikit uang bisa dihasilkan, menambah kebutuhan keluarga. Dari sebelumnya tidak punya penghasilan apa pun, melalui usaha yang dijalani, dapat menikmati uang.

“Di setiap Posdaya itu ada sekira 100 orang anggota, dan dapat diperkirakan 40 persen anggota itu adalah kaum duafa. Hal inilah yang kami inginkan, bahwa hadirnya Tabur Puja dapat menggairahkan ekonomi masyarakat golongan bawah,” ucapnya.

Ayu melihat, jika bukan melalui koperasi untuk membantu masyarakat duafa, lembaga mana lagi yang bisa memberikan kemudahan kaum duafa untuk dapat memberikan harapan mengubah kondisi ekonomi keluarga. Karena memang di KSU Derami, syarat hanya berupa kepercayaan sosial, dan administrasi hanya berupa KTP dan Kartu Keluarga.

Menurutnya, jika ingin benar-benar tulus memantau kaum duafa, maka hal yang perlu dilakukan ialah memberikan kemudahan bagi mereka untuk mendapatkan bantuan dan kepedulian, terutama soal ekonomi. Tidak wajar juga jika mempersulit kaum duafa, apabila berkeinginan membantu mereka.

“Kan ada oknum tertentu yang memberikan harapan palsu kepada kaum duafa. Katanya mau bantu, ujung-ujungnya kaum duafa malah terasa terbebani, karena adanya syarat-syarat tertentu untuk mendapatkan pinjaman misalnya. Hal ini kita terima dari masyarakat, terutama yang mengajukan pinjaman baru ke Tabur Puja,” ujarnya.

Ia menjelaskan kemudahan-kemudahan yang ada di Tabur Puja itu, uang pinjaman rendah yakni Rp1 juta – Rp2 juta, dan pembayaran pinjaman kredit satu kali satu minggu dengan nilai tidak sampai Rp100.000 tergantung jumlah yang dipinjamkan. Nah, hal ini tentunya sangat membantu kaum duafa yang memulai usaha baru.

“Kalau dihitung, dengan modal usaha Rp2 juta misalnya, bisa digunakan untuk menjual gorengan. Dalam sehari itu, untuk penjualan gorengan bisa Rp200.000. Nah, sementara setiap minggu pembayaran kredit tidak sampai Rp100.000. Hal ini jelas memberikan keuntungan dan kemudahan bagi kaum duafa,” sebutnya.

Ayu menyatakan, hingga tahun kelima berjalan, KSU Derami melalui Tabur Puja, tiada henti terus menyasar dan mengutamakan kaum duafa untuk menikmati pinjaman modal usaha dengan nilai yang rendah.

Begitu juga untuk selanjutnya, komitmen untuk membantu keluarga kurang mampu atau kaum duafa terus dilakukan, tanpa memandang atau memilih orang-orang tertentu. Karena setiap kaum duafa itu berhak untuk mendapatkan kesempatan meminjam uang sebagai modal usaha dari Tabur Puja.

Lihat juga...