Lengkeng Ruby, Lengkeng Eksotik Koleksi Mekarsari

Editor: Satmoko Budi Santoso

BOGOR – Lengkeng ruby merupakan varietas lengkeng yang berasal dari negara Vietnam. Dikategorikan sebagai lengkeng unik dan eksotik karena memiliki warna daun dan kulit buah yang tidak lazim seperti varietas lengkeng pada umumnya.

Daun lengkeng ruby mengandung antosianin sehingga berwarna kemerahan. Kulit buahnya juga berwarna merah tua.

Penamaan ruby pada jenis lengkeng ini merujuk pada tampilan buah yang menyerupai batu mulia ruby yang berwarna merah terang dan berharga mahal. Lengkeng Ruby merupakan varietas lengkeng kulit merah pertama di dunia.

Manager R&D Taman Buah Mekarsari, Dr. Azis Natawijaya, M.Si, menyatakan bahwa lengkeng Ruby lahir dari proses mutasi yang terjadi secara alami.

Tanaman Lengkeng Ruby koleksi Taman Buah Mekarsari – Foto: Ranny Supusepa

“Mutasi terjadi pada bagian somatik, pada bagian pucuk tanaman. Tunas yang termutasi tersebut kemudian diperbanyak secara vegetatif. Kemudian dari hasil perbanyakan tersebut, beberapa tanaman dibawa dan diintroduksi ke Indonesia oleh beberapa importir pada sekitar tahun 2013,” kata Azis, Senin (25/2/2019).

Selain memiliki karakter warna kulit buah yang istimewa, lengkeng Ruby memiliki beberapa keunggulan yaitu memiliki buah yang berukuran besar seperti lengkeng Pingpong, rasa manis, dan mudah berbunga serta berbuah tanpa perlu diinduksi menggunakan potasium per klorat.

“Lengkeng Ruby tidak hanya cocok ditanam untuk produksi buah, tetapi juga cocok digunakan sebagai tanaman hias yang menghasilkan buah eksotik. Dapat ditanam di pekarangan rumah maupun ditanam di dalam pot,” ujar Azis selanjutnya.

Daun tanaman lengkeng ruby ini berubah sesuai masa pertumbuhan saat daunnya masih muda berwarna coklat kemerahan, lalu berubah menjadi merah tua.

“Jika ingin dijadikan tanaman hias, pohon lengkeng Ruby membutuhkan pemangkasan yang dilakukan secara berkala sehingga tajuknya menarik,” ucap Azis.

Bersamaan dengan musim panen lengkeng yang berlangsung bulan Februari-April di Taman Buah Mekarsari, pengunjung juga dapat melihat koleksi lengkeng Ruby nan cantik koleksi Taman Buah Mekarsari.

“Saat ini, Taman Buah Mekarsari sedang membudidayakan, memperbanyak dan memperbaiki potensi genetiknya,” pungkas Azis.

Lihat juga...