Libur Imlek, Pengunjung TMII Naik 50 Persen 

Editor: Mahadeva

346

JAKARTA – Kelenteng Kong Miao, yang berada di dalam Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur dipadati pengunjung, Selasa (4/2/2019).

Warga berdatangan, karena ingin melihat kemeriahan perayaan tahun baru imlek 2570 Kongzili, umat Khonghucu. Pada perayaan imlek tahun ini, Kelenteng Kong Miao mengangkat tema Penimbunan kekayaan menimbulkan perpecahan diantara rakyat, tersebarnya kelayaan akan menyatukan rakyat.

Pengunjung memadati Kelenteng Kong Mio TMII pada perayaan Imlek 2570 Kongzili, Selasa (5/2/2019) sore. Foto : Sri Sugiarti.

Kelenteng Kong Mio, dihiasi ornamen serba merah yang mengobarkan semangat kehidupan umat manusia. Di perayaan Imlek kali ini, hingga sore kelenteng Kong Mio masih dipadati pengunjung dari berbagai daerah.  Tidak hanya etnis Tionghoa yang ingin sembahyang yang berdatangan. Tetapi juga pengunjung yang sekedar ingin melihat nuasana Imlek.

Andria Saputra (28), salah satu pengunjung yang datang bersama keluarga, hanya karena ingin melihat pertunjukan barongsai. “Kerja libur, saya ajak keluarga ke TMII, mau lihat barongsai di kelenteng ini. Eh, sudah nggak ada, karena saya datangnya kesorean. Ya, tapi seru juga, bisa lihat keindahan ornamen Imlek,” kata Andria kepada Cendana News, Selasa (5/2/2019).

Susan, warga Cimanggis juga mengaku tidak sempat melihat pertunjukan barongsai, karena sebelumnya berkunjung ke Museum Komodo. Padahal anaknya yang berusia lima tahun ingin sekali melihat barongsai. “Nggak keburu ya, lihat barongsai, kesorean. Kita tadi asik di museum Komodo, pancing buaya dan liat hewan reptil,” ujarnya.

Manajer Informasi Budaya dan Wisata, Sachur YT. foto : Sri Sugiarti

Manajer Informasi Budaya dan Wisata TMII, Sachur YT mengatakan, kegiatan perayaan Imlek di Klenteng Kong Mio TMII telah berlangsung sejak Senin (3/2/2019) malam. Dengan rangkaian acara sembahyang tutup tahun, kemudian pagi harinya pada Selasa (5/2/2019) dilanjutkan dengan sembahyang Tahun Baru Imlek  2570 Kongzili.  “Nah, siangnya pertunjukan barongsai. Kemudian 16 Februari mendatang, ada barongsai lagi di Taman Budaya Thionghoa,” ujar Sachur.

Dia mengatakan, antusias pengunjung pada Imlek tahun ini meningkat dibandingkan tahun lalu. “Pengunjung TMII, saat Imlek tahun ini meningkat 50 persen dibandingkan 2018 lalu,” ungkapnya.

Lihat juga...