MA Kembali Buka Seleksi Calon Hakim Ad Hoc Tipikor

Editor: Makmun Hidayat

Kepala Biro Hukum dan Humas MA, Abdullah - Foto: M. Hajoran Pulungan
272

JAKARTA — Mahkamah Agung (MA) RI kembali membuka seleksi calon Hakim Ad Hoc Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Tahap XI Tahun 2019, mulai Senin (11/2) . Panitia seleksi (Pansel) diketuai Hakim Agung Suhadi.

“Mulai hari ini, MA memberi kesempatan bagi warga negara Indonesia terbaik yang merasa terpanggil untuk mengabdikan diri sebagai Hakim Ad Hoc Tipikor di tingkat pertama dan banding. Silakan daftar di Pengadilan Tinggi seluruh Indonesia sesuai dengan domisili,” kata Kepala Biro Hukum dan Humas MA, Abdullah di Jakarta, Senin (11/2/2019).

Abdullah mengatakan, dibukanya kembali seleksi ini karena selama tahun 2010 hingga tahun 2018 telah banyak hakim ad hoc Tipikor yang tidak memperpanjang jabatannya, meninggal, hingga mengundurkan diri.

“Saat ini kita masih kekurangan hakim ad hoc Tipikor seluruh Indonesia. Namun, Pansel tidak akan memaksakan memenuhi jumlah kebutuhan tersebut. Kami mencari kualitas dari hakim ad hoc Tipikor, dan bukan kuantitasnya. Jadi, diharapkan para pendaftar tahun 2019 ini lebih banyak yang memenuhi syarat itu,” ujarnya.

Dia menerangkan tahapan seleksi hakim ad hoc Tipikor ini dimulai proses seleksi administrasi. Setelah lolos seleksi administrasi, para calon akan menjalani seleksi ujian tertulis.

Abdullah menyebutkan, materi seleksi ujian tertulis biasanya mengenai pemahaman para calon terkait persoalan Tipikor dan membuat putusan.

“Setelah diumumkan kelulusan seleksi tertulis, masyarakat diberi kesempatan menilai dan memberi masukan terkait track record calon hakim ad hoc Tipikor selama 30 hari. Dilanjutkan, seleksi profile assessment oleh lembaga tertentu yang nantinya akan dilelang sebelum memasuki tahap akhir yakni seleksi wawancara,” ungkapnya.

Setelah calon hakim ad hoc Tipikor lulus tahapan seleksi itu dan mengikuti pendidikan Sertifikasi Hakim Tipikor, maka akan diangkat menjadi hakim ad hoc. Prosesnya ini sebutnya, tidak seperti calon hakim karier.

Baca Juga
Lihat juga...