hut

Manchester City Gelontor Gawang Chelsea Setengah Lusin Gol

Editor: Makmun Hidayat

MANCHESTER – Sergio Aguero mencetak hattrick kedua dalam kurun waktu sepekan saat membantu Manchester City menggunduli Chelsea pada lanjutan Liga Primer di Etihad Stadium yang berakhir, Senin dini hari.

Striker internasional Argentina ini mencetak dua gol sebelum laga berjalan 25 menit, lalu mencetak hattrick sebelum laga berjalan satu jam. Hattrick ke-11 Aguero ini sekaligus menyamai total hattrick Alan Shearer yang telah bertahan cukup lama.

Manchester City yang membidik puncak klasemen dari Liverpool hanya butuh waktu empat menit. Kerjasama apik Kevin De Bruyne dan Bernardo Silva membuka ruang bagi Raheem Sterling melepas tembakan. Eks Liverpool ini sukses memperdaya Kepa Arrizabalaga.

Aguero yang sempat gagal mengeksekusi bola dari jarak dekat menggandakan keunggulan Chelsea di menit 13. Enam menit berikutnya, kesalahan pemain Chelsea kembali membuat City menjauh. Sergio Aguero melepas tembakan first time dan lagi-lagi memaksa Kepa Arrizabalaga memungut bola dari gawangnya.

Petaka Chelsea belum juga berakhir. Lagi-lagi kesalahan pemain The Blues berbuah fatal. City membangun serangan dari kerjasama apik Aguero dan Raheem Sterling. Antonio Rudiger coba menghalau bola namun disambut Ilkay Gundogan yang melepaskan tembakan dari luar kotak terlarang di menit 25 melewati Kepa.

Gol Gundogan jadi petaka serius The Blues. Mengingat ini adalah untuk pertama kalinya bagi tim London kebobolan empat gol di babak pertama di laga Liga Primer sejak musim 1999. Jika pun Chelsea mulai bangkit itu karena City cenderung mengendorkan serangan.

Ederson melakukan dua penyelamatan. Pertama dari tembakan Pedro dan kemudian dari tembakan Gonzalo Higuain yang baru didatangkan dari AC Milan, Januari lalu.

Belum lagi mencetak gol untuk memperkecil ketinggalan, Chelsea terperosok lebih dalam. Di enit 56, The Citizen menambah gol dari eksekusi penalti Aguero. Hattrick Aguero di laga ini lahir berkat pelanggaran Cesar Azpilicueta terhadap Sterling di dalam kotak terlarang.

Raheem Sterling yang tampil cukup baik akhirnya mencatatkan namanya di papan skor 10 menit sebelum laga berakhir. Menyambut umpan silang Oleksandr Zinchenko, Sterling memastikan juara bertahan unggul dengan setengah lusin gol.

Dengan hasil ini, City kembali ke puncak dengan koleksi 65 poin. City unggul produktivitas gol, namun dengan jumlah laga lebih banyak.

Pada laga lainnya, Tottenham Hotspur juga menang 3-1 atas Leicester City. Davinson Sanchez membuka keunggulan Tottenham di menit 33 sebelum digandakan Christian Eriksen di menit 63. Jamie Vardy memperkecil ketinggalan Leicester di menit 76, tapi Heung-Min Son memastikan The Lilywhites menang 3-1 melalui golnya di masa injury time babak kedua.

Lihat juga...