Marinir Terima Piagam Penghargaan Penanggulangan Bencana

220

JAKARTA — Batalyon Kesehatan 1 Marinir Jakarta menerima Piagam Penghargaan atas Penanggulangan Bencana Alam di Sulawesi Tengah dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Piagam diserahkan langsung oleh Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto kepada Komandan Batalyon Kesehatan 1 Marinir (Danyon Kes 1 Mar) Mayor Laut (K) Drg M Arifin Sp. Ort., Mtr. Opsla saat penutupan Rapat Pimpinan (Rapim) TNI di GOR Ahmad Yani Markas Besar (Mabes) TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (31/01/2019).

Penyerahan Piagam Penghargaan ini merupakan wujud kebanggaan pimpinan TNI kepada prajuritnya yang sukses dalam melaksanakan tugas sebagai Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB). TNI selain memiliki tugas Pokok untuk menjaga kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) juga memiliki tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Selain itu, Panglima TNI juga menegaskan kepada seluruh para Pimpinan di jajaran TNI agar selalu waspada, dimana Indonesia merupakan suatu negara kepulauan yang sering terjadi bencana alam.

“Untuk itu TNI harus selalu siap digerakkan atau ditugaskan dalam penanggulangan bencana alam, karena Indonesia juga dikenal berada di Cincin Api Pasific atau disebut juga ( Ring Of Fire ),” tegas Panglima TNI dalam rilis yang diterima Cendana News, Jumat (1/2/2019).

Beberapa waktu yang lalu, Desember 2018 Korps Marinir juga terlibat langsung dalam menangani Penanggulangan Bencana Tsunami Pandeglang Banten dan Lampung yang dipimpin langsung Danyonkes-1 Mar Mayor Laut (K) Drg M Arifin Sp. Ort., Mtr. Opsla.

Lihat juga...