Masyarakat Sumbar Berharap Pemerintah Turunkan Harga Tiket Pesawat

224
Suasana bandara di Padang yang sepi penumpang - Dok: CDN

BATUSANGKAR – Warga Nagari Sumaniak, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat, menitip pesan lewat Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar, kepada Presiden Jokowi, agar menurunkan harga tiket pesawat.

“Kami meminta kepada Pak Arcandra sebagai orang yang dekat Presiden, menyampaikan agar menurunkan tiket pesawat baik datang maupun keluar Sumatra Barat,” kata seorang warga Sumaniak, Uniang Gadih (60), di Batusangkar, saat peresmian sumur bor tanah di daerah itu, Sabtu (23/2/2019).

Ia mengatakan, naiknya tiket pesawat tersebut berdampak kepada pariwisata yang ada di Sumatra Barat, yang secara tidak langsung juga membunuh Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) masyarakat.

Padahal, saat ini Pemerintah Provinsi Sumatra Barat tengah giatnya dalam pengembangan di bidang pariwisata untuk menarik pengunjung datang ke Ranah Minang.

“Kami berharap, pesan kami ini didengarkan dan Pak Presiden mau menurunkan harga tiket pesawat, naiknya harga tiket pesawat berpengaruh kepada usaha kami,” katanya.

Menanggapi hal itu, Wamen ESDM Arcandra Tahar juga mengatakan, bahwa sebagai pemakai jasa transportasi udara, ia juga merasakan naiknya harga tiket.

Naiknya harga tiket pesawat bukanlah keinginan dari pemerintah. Sebelumnya, pemerintah telah berupaya menurunkan harga tiket tersebut, namun upaya itu belum sepenuhnya diturunkan.

Ia juga mengatakan, bantuan sumur bor ini merupakan upaya pemerintah untuk memudahkan masyarakat di daerah yang sulit mendapatkan air bersih melalui Kementrian ESDM.

“Pemerintah hanya memfasilitasi agar masyarakat dapat menikmati hasil pembangunan,” ujarnya. (Ant)

Lihat juga...