hut

Menangi Derby, Madrid Bayangi Barcelona

Editor: Satmoko Budi Santoso

MADRID – Real Madrid naik ke posisi dua klasemen sementara La Liga setelah mengemas kemenangan 3-1 atas rival sekota, Atletico Madrid, pada laga derby yang berlangsung di Wanda Metropolitano,  Minggu dini hari.

Antoine Griezmann membuat publik tuan rumah setelah mencetak gol menggagalkan keunggulan Madrid melalui Casemiro. Namun gol penalti Sergio Ramos dan gol ke-100 Gareth Bale dengan seragam Madrid membuat Los Blancos keluar sebagai pemenang.

Dengan hasil ini, skuad asuhan Santiago Solari mengoleksi 45 poin atau unggul satu poin atas Atletico yang sebelumnya menempati posisi dua klasemen sementara. Madrid pun memangkas jarak dengan Barcelona di puncak klasemen yang kini hanya terpaut lima poin.

Los Rojiblancos mengawali laga dengan sangat baik. Griezmann memberi ancaman demikian pula dengan Thomas Partey. Namun tim tamu yang justru membuka keunggulan. Berawal dari sepak pojok kedua Madrid disambut Sergio Ramos dengan sundulan kepala. Bola yang melayang di udara disambut Casemiro dengan tendangan overhead dan mengantar Madrid leading di menit 16.

Tim tamu nyaris menggandakan gol setelah Lucas Vazquez melepas tembakan menyambut umpan silang Vinicius Junior. Beruntung bagi tuan rumah karena percobaan itu masih gagal. Masuk menit 25 Atletico akhirnya menyamakan skor. Angel Correa mengirim bola pada Griezmann yang berhasil menaklukkan Thibaut Courtois.

Gol striker Perancis itu sempat dianggap offside namun rekaman VAR menunjukkan bahwa tidak terjadi offside dan skor berubah menjadi 1-1. Kedua tim tidak memberikan ruang sedikit pun bagi lawan untuk menambah gol. Namun keberuntungan berpihak pada tim tamu.

Berawal dari pelanggaran Jose Gimenez terhadap Vinicius Junior di dalam kotak terlarang dua menit jelang turun minum, Sergio Ramos yang maju sebagai eksekutor sukses menaklukkan Jan Oblak. Sisa laga berlangsung kian ketat. Enam kartu kuning diberikan wasit, empat di antaranya untuk pemain tuan rumah.

Tapi Madrid masih belum selesai, di menit 74 Gareth Bale mencetak gol sekaligus gol ke-100 dengan seragam Madrid. Masuk menggantikan Vinicius Junior di menit 57, Bale menyambut umpan Luka Modric  dan mengirim bola ke pojok gawang Jan Oblak.

Tuan rumah kian kesulitan setelah Thomas Partey diusir wasit setelah menerima kartu kuning kedua usai melakukan pelanggaran terhadap Toni Kroos di menit 80. Meski begitu, Madrid gagal menambah koleksi gol ke gawang rival sekota.

Pada laga La Liga lainnya, Getafe mengemas kemenangan 3-1 atas Celta Vigo, RCD Espanyol menang 2-1 atas tim zona degradasi Rayo Vallecano, sedangkan Girona dipecundangi penghuni dasar klasemen, SD Huesca dengan skor 0-2.

Lihat juga...