hut

Mencicipi Kue Dadar Gulung Singkong Maumere

Editor: Satmoko Budi Santoso

MAUMERE – Kue dadar gulung merupakan jajanan yang banyak dijumpai di kota Maumere. Sering jadi kue andalan untuk katering di setiap acara maupun di jual di pasar-pasar tradisional. Pembuatannya pun mudah.

“Sekarang ini banyak sekali orang membuat kue dadar gulung untuk katering. Masyarakat juga banyak yang menyukainya sehingga selalu banyak dibuat untuk dijual,” sebut Mikaela Rosamanda Kondi, salah seorang pengusaha kuliner di Maumere, Sabtu (2/2/2019).

Dikatakan Ocha, sapaan akrabnya, selain harga jualnya murah, biasanya dalam satu kotak hanya diisi beberapa kue. Biasanya pesanan kue juga untuk kegiatan-kegiatan pemerintahan yang bisa diadakan di aula, bukan di hotel.

“Harga satu kotak pun tidak seberapa. Paling hanya 3 kue saja ditambah dengan air minum kemasan. Pemesan pun lebih banyak menyukai kue-kue berbahan lokal,” ungkapnya.

Mery Parera, salah seorang pembuat kue di kota Maumere menjelaskan, kue dadar gulung bisa dibuat menggunakan tepung terigu atau juga menggunakan singkong. Untuk terigu pembuatannya lebih mudah dibandingkan dengan bahan baku singkong.

Mery Parera salah seorang pembuat kue di kota Maumere. Foto: Ebed de Rosary

“Cara membuatnya, telur ayam dicampur mentega dikocok hingga merata lalu dimasukkan tepung terigu dan diaduk hingga merata. Setelah itu adonan digoreng di teflon yang diolesi sedikit minyak sambil dibolak-balik agar tidak hangus,” ujarnya.

Setelah matang, lanjut Mery, adonan pun diangkat. Isi bagian dalam dadar biasanya menggunakan kelapa parutan yang dicampur dengan gula merah dengan takaran sesuai selera. Kelapa yang bagus biasanya setengah tua agar rasa isi dari kue dadar terasa lebih enak.

“Masukkan air ke wajan serta gula merah. Lalu diaduk hingga merata dan masukkan kelapa parut, diaduk sekalian. Setelah matang diangkat dan didinginkan. Adonan ini pun bisa dimasukkan ke kue dadar lalu digulung hingga bulat dan dihidangkan,” tuturnya.

Bila mengggunakan bahan baku singkong, maka singkongnya setelah dibersihkan diparut. Sesudah itu parutan singkong diperas hingga keluar airnya. Siapkan dandang memasak air untuk mengukus singkong tersebut.

“Setelah singkong diperas, letakkan adonan tersebut ke atas daun pisang. Usahakan adonannya jangan terlalu tebal. Masukkan adonan di atas daun pisang tersebut ke dalam dandang lalu dikukus hingga matang,” bebernya.

Setelah adonan matang, jelas Mery, angkat adonan tersebut dan biarkan hingga dingin. Masukkan adonan parutan kelapa dan gula merah ke dalam adonan singkong berbentuk bulat lalu digulung dan siap dihidangkan.

“Usahakan adonan singkong tersebut tidak terlalu tebal agar mudah digulung. Untuk memberi warna pada kue biasanya menggunakan pewarna kue,” sebutnya.

Untuk membuat kue lebih harum, tambah Mery, masukkan 2 sampai 3 lembar daun pandan ke dalam air di dandang sehingga adonan yang dikukus bisa terkena harum uap rebusan daun pandan.

Lihat juga...