hut

Menikmati Sunset di Pantai Kedonganan Bali

Editor: Satmoko Budi Santoso

BADUNG – Satu lagi pantai di Bali selatan yang menarik untuk dikunjungi. Pantai Kedonganan. Pantai ini terletak di Desa Kedonganan, Kecamatan Kuta Selatan, Badung Bali.

Lokasinya yang terletak tidak jauh dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Pantai ini memiliki pasir putih layaknya pantai di Bali selatan pada umumnya. Keunggulan pantai ini memiliki laut yang sangat jernih dan biru.

Namun, pantai ini tidak memiliki ombak sehingga pantai ini cocok dijadikan destinasi wisata laut yang tenang dan bisa untuk aktivitas seperti snorkeling atau pun kegiatan di pinggir pantai.

Selain itu, keunggulan lain dipantai ini adalah wisatawan bisa melihat matahari terbenam (sunset) di sore hari. Hal ini dikarenakan Pantai Kedonganan langsung menghadap ke sisi barat pantai. Dan di sepanjang pantai ini terdapat puluhan kafe pinggir pantai yang menjual beraneka ragam sea food.

Misbah, salah seorang wisatawan lokal mengaku, suka berwisata ke pantai ini. Dekat juga dengan tempat tinggalnya di Denpasar.

Misbah, salah seorang wisatawan lokal di pantai Kedonganan Badung Bali.-Foto: Sultan Anshori.

“Sering ke sini, Mas, sama keluarga saya,” ucapnya saat ditemui di pinggir pantai, Minggu (10/2/2019).

Namun, ia menyayangkan kebersihan di pantai ini. Lantaran banyaknya sampah plastik. Ia berharap, ke depan pengelola agar lebih memperhatikan kebersihan.

“Ya terutama bagi para masyarakat, jangan membuang sampah sembarangan. Ini kan destinasi wisata dunia. Malu jika kondisinya kotor seperti ini,” imbuhnya.

Made Arya, salah seorang warga setempat mengatakan, kondisi ini memang menjadi permasalahan. Ia menyebutkan, sampah yang ada merupakan sampah kiriman yang datang di setiap musim angin barat.

“Ya mau bagaimana lagi, Mas. Ini fenomena alam yang setiap tahun terjadi. Namun, kami tetap berusaha melakukan pembersihan,” pungkasnya.

Lihat juga...