Nanang Ermanto: Prioritaskan Asas Manfaat bagi Masyarakat

Editor: Satmoko Budi Santoso

194

LAMPUNG – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan (Lamsel) menghimbau aparat di tingkat kecamatan dan desa menggunakan anggaran dengan memperhitungkan asas manfaat.

Nanang Ermanto menyebut, anggaran yang digelontorkan untuk kecamatan Tanjungbintang, salah satu dari 17 kecamatan di Lamsel cukup besar sehingga harus dipergunakan sebaik-baiknya.

Ia juga mengimbau pemerintah kecamatan dan desa membangun infrastruktur yang benar-benar bermanfaat untuk masyarakat.

Salah satu hal yang diingatkan agar pembangunan suatu fasilitas diintegrasikan dengan fasilitas jalan sehingga memiliki manfaat yang tepat bagi masyarakat.

Nanang Ermanto juga menyebut, Musyawarah Rencana Pembangunan Kecamatan (Musrenbangcam) pada tahun 2019 sudah menerapkan perencanaan elektronik (e-planning).

“Sistem e-planning diterapkan bertujuan untuk membuat pemerataan di setiap desa berbeda dengan tahun sebelumnya sehingga lebih efektif. Termasuk prioritas yang akan dibangun agar tidak terjadi pemborosan,” terang Plt Bupati Lamsel, Nanang Ermanto saat Musrenbangcam di kecamatan Tanjungbintang, Rabu (13/2/2019).

Sesuai pemaparan Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Lampung Selatan, disebutkan dana yang dikucurkan untuk pembangunan di Kecamatan Tanjung Bintang pada Tahun Anggaran 2019 total sebesar Rp46.028.228.992.

Jumlah tersebut terdiri dari sumber dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Anggaran tersebut dialokasikan untuk bidang infrastruktur bidang sosial, bidang pendidikan, bidang peternakan dan kesehatan hewan, bidang tanaman pangan dan holtikultura di wilayah kecamatan Tanjung Bintang.

Pada kegiatan Musrenbangcam hari ketiga tersebut, sesuai dengan keterangan tertulis Dinas Komunikasi dan Informasi Lamsel, pelayanan bersentuhan langsung dengan dengan masyarakat terus dilakukan.

Sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) membuka pelayanan langsung, seperti Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Kesehatan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian dan Dinas Kesehatan Hewan.

Salah satu pelayanan yang banyak diminati masyarakat pada kegiatan Musrenbangcam di Tanjung Bintang di antaranya pelayanan Disdukcapil. Di lokasi Musrenbangcam Tanjung Bintang hari ini, Disdukcapil telah mencetak Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebanyak 238 keping, Kartu Keluarga (KK) sebanyak 138 lembar.

Warga kecamatan Tanjung Bintang menunggu giliran pelayanan dokumen kependudukan oleh Disdukcapil Lamsel – Foto: Ist/Kominfo Lamsel

Total dari hari pertama di kecamatan Natar, kecamatan Jati Agung, pelayanan langsung saat Musrenbangcam tercatat pendaftar sebanyak 435 orang.

Ada pun dengan rincian, hari pertama Musrenbangcam di Kecamatan Natar terdapat 118 orang, hari kedua Musrenbangcam di Kecamatan Jati Agung 179 pendaftar, dan hari ketiga tercatat 238 orang dari Kecamatan Tanjung Bintang.

Petugas dari Disdukcapil mengimbau agar masyarakat yang ingin membuat KTP dan KK agar menyiapkan persyaratannya berupa KTP dan Kartu Keluarga lama. Pelayanan perekaman, pembuatan KTP elektronik dan KK dilakukan untuk memudahkan masyarakat mendapatkan dokumen kependudukan tanpa harus pergi jauh ke Kalianda.

Pembukaan pelayanan Disdukcapil tersebut, terlihat antusias didatangi oleh masyarakat untuk memperoleh pelayanan dokumen kependudukan. Akibat antusisme pemohon dokumen kependudukan blangko yang disediakan sempat kurang dan langsung didatangkan dari kantor Disdukapil Kalianda.

Pelayanan Disdukcapil dalam pembuatan KTP, KK, akte lahir akan digelar secara berkelanjutan selama Musrenbangcam berlangsung di sebanyak 17 kecamatan di Lampung Selatan.

Baca Juga
Lihat juga...