Nikmati Air Higienis, Desa Papande tak Lagi Tergantung Danau Toba

195

TAPANULI UTARA – 103 kepala keluarga (KK), warga Desa Papande di Pulau Sibandang, Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara (Sumut), akhirnya menikmati air minum higienis layak konsumsi yang merupakan program bantuan Poul Due Jansen Foundation, Water Mission International Asia Pasifik, dan Water Mission USA.

“Saat ini, air bersih higienis telah tersedia di Desa Papande Muara, warga tak perlu lagi menggunakan air danau toba untuk mandi, cuci, apalagi untuk diminum,” kata Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan di Tapanuli Utara, Rabu.

Dengan mengalirnya air bersih tersebut, warga yang selama ini mengomsumsi air danau toba, kini memiliki sumber air minum sehat yang bahkan dijamin kehigienisannya hingga dapat diminum tanpa harus dimasak terlebih dahulu.

“Air bersih dan sehat merupakan sumber kehidupan. Terima kasih kepada pihak Poul Due Jansen Foundation dan Water Mission,” sebutnya.

Keberhasilan program pengadaan air bersih di Desa Papande disebutkan sebagai lanjutan kesuksesan program serupa yang dilaksanakan di sejumlah desa lainnya di wilayah Tapanuli Utara, seperti di Desa Siantar Naipospos Adiankoting, serta Desa Hutaginjang, dan Sibandang di Kecamatan Muara.

“Tetapi, kalau masih bisa meminta, kami juga masih membutuhkan pengadaan air minum sehat seperti ini di desa lainnya yang kesulitan air minum bersih sehat,” ungkap Nikson.

Dalam kesempatan itu, Nils Thorup dari Poul Deu Jansen Foundation menyebutkan, rampungnya program pengadaan air minum sehat itu harus ditindaklanjuti dengan tanggung jawab warga masyarakat untuk menjaga fasilitas tersebut untuk dapat berguna bagi masyarakat.

Menurut Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Tapanuli Utara, Budiman Gultom, pengadaan air minum sehat telah dimulai sejak 14 Desember 2018.

Program tersebut terlaksana dengan nilai investasi sebesar Rp670 juta yang pengerjaannya dilakukan secara swakelola dari donasi water mission untuk menuntaskan desa rawan minum. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...