Patatas, Es Krim Berserat Tinggi dari Ubi Jalar

Editor: Satmoko Budi Santoso

362

PURWOKERTO – Ubi jalar biasanya hanya dikonsumsi dengan cara direbus atau digoreng. Di tangan Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), ubi ini diolah jadi es krim lezat yang bernilai ekonomis lebih tinggi.

Tak hanya lezat es krim yang diberi nama Patatas ini juga sehat dikonsumsi, karena berserat tinggi dan kaya antioksidan.

Dekan Fakultas Pertanian UMP, Bambang Nugroho menjelaskan, awal dari pengolahan ubi jalar ini dimaksudkan untuk meningkatkan nilai ekonomis, kemudian dipilih untuk dibuat es krim, karena banyak yang gemar makan es krim.

ʺJadi kita ganti tepung maizena sebagai bahan dasar pembuatan es krim, dengan tepung yang terbuat dari ubi jalar. Pertimbangan utamanya, ubi jalar ini berserat tinggi dan bisa menjadi pengganti serat bagi yang tidak suka sayuran,ʺ terangnya, Jumat (1/2/2019).

Dekan Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Bambang Nugroho. Foto: Hermiana E. Effendi

Lebih lanjut Bambang Nugroho menjelaskan, ubi jalar juga mengandung antioksidan alami yang merupakan senyawa polifenol. Senyawa ini memiliki peran sebagai antioksidan yang baik untuk kesehatan. Antioksidan polifenol dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan pembuluh darah.

Ubi jalar, lanjutnya, juga mengandung karbohidrat kompleks serta indeks glikemik yang rendah. Kandungan tersebut sangat baik untuk saluran pencernaan. Bahkan, juga berpotensi mencegah berbagai penyakit degeneratif seperti diabetes dan obesitas.

“Karbohidrat kompleks juga akan mencegah kelebihan lemak dan kolesterol serta mencegah sembelit. Selain itu, ubi jalar juga mengandung vitamin A, B, C, zat besi dan kalsium yang tentu sangat diperlukam tubuh manusia,” jelasnya.

Dari sisi penampilan, es krim patatas ini juga mengundang selera makan. Warna es krim yang ungu alami, seperti warna ubi, membuat para pecinta es krim semakin penasaran. Terlebih dalam es krim juga ada cita rasa ubinya.

“Warna ungu alami ini membuat es krim tampak menawan dan kita jamin es krim ini semua bahannya alami, tanpa pewarna dan tanpa pengawet,” kata Bambang Nugroho.

Saat ini es krim hasil kreasi Fakultas Pertanian tersebut, baru tersedia di Warung Organik Fakultas Pertanian UMP.

Lihat juga...